Travelling / Jadwal / Jadwal Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2016/1437H

Jadwal Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2016/1437H

Berdasarkan kalender tahun 2016 yang sekarang ada di meja kerja saya, hari lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah akan jatuh pada tanggal 6-7 Juli 2016. Bagi para pemudik tahunan lebaran, terutama yang menggunakan angkutan mudik kereta api, sebaiknya bersiap segera, termasuk mencari info mengenai jadwal pemesanan tiket mudik. Saya mencoba membuat perkiraan jadwal reservasi tiket kereta api berdasarkan pengalaman tahun lalu.

Untuk kereta api mudik, biasanya PT. KAI memberikan jadwal keberangkatan kereta api khusus lebaran yaitu mulai H-10 hingga H+10. Tolong koreksi kalau salah. Dan pemesanan tiket sendiri sudah dapat dilakukan mulai dari H-90 dari tanggal keberangkatan kereta yang dimaksud. Pembelian dapat langsung dilakukan di loket-loket PT. KAI. Atau juga dapat dilakukan melalui sistem penjualan tiket kereta api online. Cara yang kedua ini bisa dilakukan melalui website resmi tiket.kereta-api.co.id atau partner PT. KAI, juga melalui telepon.

Nah saya akan berbagi jadwal booking tiket kereta via online dan telepon, yang nanti akan selalu diperbarui dengan informasi fix dari PT. KAI nantinya.

Kenapa ada kata booking, pemesanan, kadang juga reservasi, kenapa bukan beli tiket? Karena dalam prakteknya walaupun kita melakukan pembayaran lunas saat melakukan pembelian, pastinya kita tidak beli tiket kereta api secara fisik. Kita hanya mendapatkan kode booking, dimana kita harus menukarkannya dengan tiket fisik sebelum keberangkatan kereta api. Kode booking sudah dapat ditukarkan menjadi tiket fisik di loket PT. KAI statsiun Kota/Beos atau Gambir.

Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 1437 H

Jika lebaran jatuh pada tanggal 6 Juli 2016, maka perkiraan PT. KAI akan memberikan jadwal keberangkatan kereta MUDIK mulai 26 Juni sampai 5 Juli 2016, dan kereta BALIK mulai 7 sampai 16 Juli 2016. Jadwal ini sesuai dengan konsep jadwal kereta api mudik H-10 dan jadwal balik H+10.

Jadi untuk mulai dapat beli tiket kereta pada tanggal yang dimaksud, om tante tinggal tarik -90 hari saja. Misal untuk keberangkatan kereta api pada 2 Juli 2016, maka reservasi tiket sudah dapat dilakukan pada 3 April 2016. Dan untuk tiket baliknya, misal ingin balik pada tanggal 10 Juli 2016 maka penjualan tiket sudah dibuka pada 11 April 2016.

Huh om tante ternyata ada yang malas menghitung ya. Okelah saya kasih jadwal lengkap dibawah ini :D

Jadwal Keberangkatan dan Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 1437H - v4a

Silahkan share gambar jadwal kereta api diatas kepada teman yang membutuhkan. Saya sudah sisipkan link halaman ini pada gbr diatas, barangkali om tante mau mendapatkan updatenya sesuai info terbaru. Sukur-sukur bisa sama dengan jadwal dari PT. KAI.

Sedikit tip berkenaan dengan booking tiket kereta api lebaran ini:

  1. Sebaiknya pemesanan dilakukan pada pukul 00:00 tepat, darena biasanya tiket akan habis pada menit-menit pertama. Sadis memang :v
  2. Setelah mendapatkan kode booking, sebaiknya tukarkan jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan kereta. Hal ini untuk mengurangi antrian panjang di loket. Dan yg paling terlarang adalah menukarkan kode booking pada hari keberangkatan kereta api.
  3. Sehari sebelum hari pemesanan, saya sarankan om tante kunjungi lagi halaman ini barangkali ada update terbaru dari PT. KAI

Jadwal dan tulisan ini saya persembahkan bagi para pejuang dan keluarga, juga pecinta kampung halaman dan orang tua. Sehingga kita semua harus tinggal di kota lain demi mencari nafkah atau keperluan tertentu, dan pulang mudik pada waktu-waktu spesial. Dan terima kasih kepada istri yang menjadi sumber informasi ini (lho…!). Juga tentunya om Yudhis dari PT. KAI, juga para admin grup Roker (KRL) Eyang Tri, Pak Tony, Pak Andi..

Moga bermanfaat bagi pembaca :)

 

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...