Travelling / Tips / Perlengkapan Travelling saat Musim Dingin

Perlengkapan Travelling saat Musim Dingin

Di tulisan saya sebelumnya, saya menyinggung tentang pentingnya membawa perlengkapan musim dingin saat Negara yang kamu kunjungi sedang dingin-dinginnya. Mengapa penting membawa perlengkapan musim dingin? Karena musim dingin di Negara yang memiliki 4 musim sangat dingin. Berbeda dengan kita yang hanya memiliki 2 musim. Kalaupun turun hujan, dinginnya tidak seberapa dengan musim dingin di Negara 4 musim tersebut.

Nah, sebenarnya apa saja sih perlengkapan musim dingin itu? Yuk, mari disimak tulisan ini lebih lanjut.

1. Long John atau Kaos Thermal

pakaian dalam thermal

Pakaian ini merupakan pakaian lapis pertama yang biasa dipakai saat cuaca dingin. Terbuat dari katun atau sebagian dicampur dengan polyester atau wool sehingga tubuh tetap hangat. Pakaian ini tipis dan menempel ketat di badan. Ada yang bilang bahwa kaos tersebut dapat menghalau hawa dingin karena ketatnya kaos tersebut yang menempel di badan kita.

2. Sweater

sweater

Sweater yang dibuat dari teknik rajut akan ada lubang-lubah kecil di sela-sela rajutan sehingga tidak bisa melindungi tubuh kamu dengan sempurna. Pilihlan sweater yang berbahan wool karena selain tebal juga dapat menjaga  kehangatan tubuh. Jika yang berbahan wool terlalu tebal, kamu juga bisa memilih yang berbahan fleece, tetapi kamu harus hati-hati karena bahan fleece mudah terbakar.

3. Jaket atau Mantel

gambar: kaskus.co.idgambar: http://id.wikipedia.org

Jaket ini biasanya terbuat dari bulu angsa (swan feather) sehingga saat dipakai menjadi hangat. Namun, telitilah membeli jaket. Jangan hanya mengandalkan tebalnya saja loh. Beberapa jaket terlihat tebal namun tidak hangat. Sebaliknya, ada jaket yang terlihat tidak tebal namun hangat. Disarankan untuk memilih jaket yang berbahan thinsulate karena selain dapat menjaga panas tubuh, juga dapat mengatur kelembaban tubuh melalui proses evaporasi (penguapan).

Tetapi, kebanyakan orang memilih menggunakan mantel yang lebih panjang, jika dirasa radius dingin masih dalam batas normal. Jika dinginnya sudah sudah berubah menjadi salju (yang tentu lebih dingin), maka disarankan untuk memakai jaket.

4. Sepatu Boot

sepatu boot

Sepatu boot berbahan Goretex bisa menjadi pilihan kamu agar kaki kamu tidak kram karena cuaca yang dingin.

5. Aksesoris

winter accessories

Aksesoris seperti syal, penutup telinga, topi, kaus kaki, dan sarung tangan sebaiknya disiapkan. Bagian seperti kepala, tangan, dan kaki sangatlah penting untuk dilindungi karena biasanya panas tubuh akan keluar lebih cepat pada bagian tersebut. Jagalah bagian di sekitar muka, seperti telinga, ujung, hidung, dahi, dan pipi agar tidak mati rasa. Tanda bercak putih atau mati rasa di bagian tersebut adalah gejala awal dari radang dingin (frostbite) yang tidak boleh dianggap remeh.

Kesimpulannya, untuk lapisan pertama kamu menggunakan Long John atau Kaos Thermal, kemudian yang tidak aku sebutkan di atas adalah baju sehari-hari (T-shirt atau kemeja) dan juga celana panjang. Setelah itu, barulah dilapisi dengan sweater dan jaket luar.  Terakhir, pakailah aksesoris dan sepatu boot.

Bagaimana sahabat Traveller? Sudah siapkah kamu ke Negara musim dingin? Siapkan dirimu sebaiknya-baiknya ya agar Travelling saat musim dingin menjadi menyenangkan, jangan sampai kamu jatuh sakit saat sedang bepergian.

-By failing to prepare, you are preparing to fail-

Penulis: vivi

Foto Profil dari vivi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...