Travelling / Lain-lain / Tips Memilih Kendaraan Darat (Umum) Untuk Mudik Lebaran

Tips Memilih Kendaraan Darat (Umum) Untuk Mudik Lebaran

mudikLebaran tinggal hitungan hari. Seperti biasa, saat menjelang lebaran kita memiliki budaya unik yang belum tentu ada di negara lainnya. Ya Anda pasti tau, yaitu budaya mudik namanya, yang setiap tahunnya selalu meramaikan pemberitaan di berbagai media.

Nah, berhubung sekarang sudah waktunya mudik, Anda pasti sempat bingung dalam memilih kendaraan umum untuk pulang kampung. Tapi jangan khawatir, di sini saya akan berbagi tips, yang mungkin bermanfaat bagi Anda, agar tidak bingung lagi untuk memilih kendaraan umum yang ada di darat, untuk mudik lebaran. Apa semua tipsnya? cekidot..

Tips Memilih Kendaraan Darat Umum saat mudik lebaran

1. Sesuaikan Kendaraan Dengan Budget

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih kendaraan yang sesuai dengan budget Anda. Lihatlah biaya yang akan dikeluarkan jika Anda menggunakan kendaraan yang ini, kemudian bandingkanlah dengan kendaraan lainnya.

Itu semua karena percumah Anda memilih kendaraan yang bagus, tetapi biayanya tidak sebanding dengan budget Anda, alias memberatkan.
Dikhawatirkan jika uang Anda habis hanya untuk membayar kendaraan tanpa ada sisa simpanan.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, biasanya kan tarifnya berbeda-beda. Tarif rental tentu lebih mahal dari bus. Untuk itu, silahkan pilih yang sesuai dengan keuangan Anda, apakah naik mobil rental, bus, atau kereta api (jika ada di daerah Anda). Namun jika Anda memiliki uang yang lebih, naik yang mana saja boleh kok :D

2. Pilih Kendaraan Yang Memberikan Keamanan Bagi Anda

Yang kedua ini, Anda harus memilih angkutan yang menawarkan keamanan bagi Anda. Tarif murah, tapi keamanan Anda dipertaruhkan, itu sama saja menjual keamanan Anda dengan harga yang murah. Walau bagaimanapun, keamanan lebih penting dari uang.

Untuk itu saya ingatkan kembali, pilihlah kendaraan yang memberikan keamanan mudik bagi Anda. Dalam hal ini, lihatlah perlengkapan kendaraan tersebut, apakah memiliki standar keamanan atau tidak? contoh : kendaraan yang ada tali pengamannya, dan lain-lain.

Anda juga dapat memilih besar kecilnya kendaraan, guna keamanan Anda. Sebab di beberapa daerah, terkadang memiliki jalan yang sempit, rusak, dan berliku-liku. Tentu jika kondisinya seperti ini, kendaraan yang kecil saya rasa lebih aman dibandingkan yang besar, karena lebih fleksibel terhadap medan.

3. Seseuaikan Dengan Kenyamanan Anda

Jarak tempuh yang jauh, membutuhkan kenyamanan yang lebih ekstra saat mudik. Misalnya Anda membutuhkan waktu dari subuh sampai magrib untuk sampai di tujuan Anda. Berarti kan Anda juga butuh tidur saat perjalanan tersebut.

Nah, oleh sebab itu carilah kendaraan yang nyaman, agar Anda bisa tidur dan beristirahat. Biasanya kendaraan yang luas, akan lebih nyaman dibanding kendaraan yang sempit. Sebab, ada sedikit kebebasan untuk duduk dalam berbagai posisi, yang tentunya menambah kenyamanan perjalanan Anda.

Untuk menambah kenyamanan, pilihlah kendaraan yang memiliki fasilitas yang cukup ada. Misalnya ketika panas, ada AC yang siap mendinginkan udara. Ketika Anda sakit perut, ada toilet yang siap Anda gunakan. Setidaknya seperti itulah gambarannya.

4. Berdo’a Kepada Allah

Ini jangan dilupakan ya, karena Allah adalah pemilik segala kehendak. Jadi, mohonlah kepadaNya, agar diberikan kendaraan yang tepat dari pilihan Anda. Yang memiliki keamanan, kenyamanan, serta agar Anda selamat sampai tujuan.

Mengingat segala yang buruk dapat menimpa siapa pun saat mudik, untuk itu Anda perlu berdo’a dengan cara yang baik, agar Allah mengabulkan do’a Anda, dan melindungi Anda dari mara bahaya selama di perjalanan.

Para pengunjung setia BlogEkstra, demikian tulisan saya tentang tips memilih kendaraan umum untuk mudik lebaran, semoga bermanfaat bagi Anda. Dan jika Anda mempunyai tips lain, silahkan ditambahkan melalui komentar di bawa ini. Terimakasih, dan selamat mudik ya.. :D

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...