Travelling / Tips / Hemat Anggaran saat Berwisata

Hemat Anggaran saat Berwisata

Siapa sih di antara kita yang tidak suka jalan-jalan? Pastinya kita sepakat dong, kalau jalan-jalan, berwisata itu kegiatan yang asik dan menyenangkan. Salah satu kendala yang jamak dihadapi saat merencanakan wisata adalah masalah dana. Jangan sampai saat berwisata kamu masih galau memikirkan cost-cost yang harus kamu bayar untuk memenuhi hasrat wisata kita. Nah, artikel ini mencoba membagikan tip agar kamu bisa menghemat biaya saat berwisata.

1. Menentukan destinasi wisata yang paling diinginkan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan destinasi wisata yang paling diinginkan. Kenapa? Karena dengan mengincar destinasi yang paling diinginkan, kamu akan menyugesti diri kamu untuk berjuang agar bisa ke destinasi tersebut. Segala usaha akan kamu tempuh agar bisa ke destinasi impian, termasuk menghemat anggaran lain yang kurang penting demi memenuhi ongkos ke lokasi idaman.

2. Melacak informasi tentang diskon paket wisata

Setelah memantapkan diri dengan destinasi wisata impian, langkah selanjutnya yakni berburu info diskon paket wisata di lokasi tersebut. Info ini sangat membantu terutama ketika kamu harus menginap di lokasi tersebut. Tentunya kamu harus membekali diri dengan info-info seputar hotel atau homestay yang terjangkau, tempat makan yang murah meriah, dan sarana transportasi yang aman dan ringan di kantong.

3. Berburu diskon tiket perjalanan

Langkah berikutnya adalah berburu diskon tiket perjalanan. Memang, langkah ini hanya kamu tempuh jika di poin paket wisata tidak menanggung tiket perjalanan. Kamu bisa berupaya mencari waktu-waktu penuh diskon agar biaya perjalanan bisa sedikit ditekan. Kamu juga bisa menyiasati dengan memilih maskapai (jika dengan pesawat) yang lebih murah. Tinggal bandingkan saja di situs-situs ticketing online.

4. Bersama lebih baik

Memang, sih, poin ini sifatnya subjektif banget. Nggak semua orang nyaman bepergian rame-rame, bareng-bareng. Ada yang lebih nyaman bepergian sendiri. Tetapi, satu hal yang pasti, dengan bepergian berombongan, selain aman kamu juga bisa saling berbagi biaya. Misal, saat harus naik taksi, kebayang kan murahnya saat ongkos naik taksi ditanggung berempat dibanding naik dan bayar ongkos sendirian? Pun saat masuk lokasi wisata, biasanya ada diskon saat masuk rame-rame.

5. Ikut lomba berhadiah jalan-jalan

Poin yang ini sungguh penuh perjuangan, he he he. Tapi tidak ada salahnya mengikuti lomba-lomba yang berhadiah jalan-jalan. Selain ada kebanggaan tersendiri, yang paling penting bisa jalan-jalan gratis.

6. Cari sponsor

Nah, ini juga salah satu upaya penuh perjuangan untuk bisa jalan-jalan gratis. Hanya saja, biasanya kamu harus meyakinkan calon sponsor dengan program-program hebatmu. Jadi, sebenarnya jalan-jalanmu tidak murni jalan-jalan karena mengemban amanat tertentu.

Ok, itulah beberapa poin yang bisa kamu lakukan untuk menghemat anggaran saat wisata. Selalu ada buah manis ketika kita mau berusaha, bukan?

Sumber gambar: http://blog.shopious.com

Foto Profil dari Ahmad Khoirus Salim
Ahmad Khoirus Salim, lahir di Jepara, tahun 1985 silam. Saat ini tinggal di Kota Bengkulu karena tuntutan tugas. Menulis dan blogging adalah hobinya.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...