Travelling / Info / Traveling Religi di Jakarta

Traveling Religi di Jakarta

Oke guys, berhubung sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Romadhon 1435H kali ini saia akan membawakan materi tentang traveling religi khususnya sodara2 kita yang beragarama islam. Dalam islam seperti yg mzbro ketahui ada waktu 1 bulan penuh dimana kita biasanya mendekatkan diri untuk beribadah, yaitu bulan suci Romadhon..tapi bukan alasan juga kita menghentikan semua aktifitas terkait sehari2. Salah satu aktifitas yg penting pada saat bulan Romadhon biasanya disebut dgn “Ngabuburit” alias menunggu adzan berbuka puasa. Hal ini seringkali dilakukan seluruh lapisan masyarakat mengingat biasanya disetiap perusahaan ada sedikit kompensasi keringanan bagi yg berpuasa agar dapat pulang ke rumah lebih cepat demi mengejar waktu berbuka puasa bersama keluarga dan family. Nah, spare waktu yg lumayan ini sering dijadikan sebagai waktu ngabuburit, idenya bisa gimana aja, dimana aja, sama sapa aja…yg penting seru dan ga mengganggu ibadah puasa itu sendiri.

Khusus bagi yg berdomisili di area DKI Jakarta, khususnya Jakarta Pusat saia ada ide untuk mzbro skalian yg pengen ngabuburit asik namun tetap tdk mengurangi kualitas ibadah itu sendiri….hehehhe, mungkin basi bagi yg uda tau bahkan uda pernah ngrasain…tapi tetep aja berkesan buat dicoba lagi…bagi yg belum karena keterbatasan lokasi dan waktu…ayo diniatin…karena segalanya berdasarkan dari niat yg baik..azzeekk (kaya org bener)…. :D wkwkwkkw

Dan tempat itu adalah…………………………

istiqlal2

Yups…..Masjid Istiqlal. Pasti uda pada tau kan??….yah, di bulan suci Romadhon ini biasanya aktifitas yg dilakukan dimasjid ini bukan hanya sekedar sholat wajib 5 waktu tapi aktifitas akan full selama 24 jam. Pintu pagar akan selalu terbuka buat siapa saja yg ingin masuk ke kawasan Masjid Istiqlal. Buat ngabuburit???…. jangan ditanya…., disini tempat yg paling asik buat ngabuburit tanpa keganggu dengan masalah ramai, bising, hirukpikuk kota dan macam2 lah penyebab kita jenuh. Saia menyarankan datanglah waktu ashar untuk sejenak berjamaah di ruang utama Masjid, rasakan kekhusyuk-annya secara mendalam dari hati. Berdzikir selama mungkin diakhiri doa kepada Alloh Subhana Wa Ta’Ala dengan segenap hati. Setelah puas mzbro mengadu, coba mundur sedikit dari barisan jamaah. Dibagian baris paling belakang, bolehlah mzbro merebahkan diri sejenak, atau hanya mendongakkan kepala keatas melihat bagaimana indahnya kubah dari Masjid Istiqlal. Perhatikan baik2 keindahan dan detil tiap lekuk dan sudut kaligrafi diatas kubah… Masya Alloh….saya pribadi belum pernah melihat masjid dengan keindahan melebihi masjid Istiqlal.

Puas diarea ruang utama solat, mzbro bisa berjalan kearah luar dari bangunan utama menuju koridor2 pintu sisi samping dari Masjid Istiqlal, koridor2 yg membentuk segi empat diisi dengan lapangan luas tanpa atap, disetiap sisi koridor banyak juga yg merebahkan diri dan bersandar sambil menikmati angin sepoi2 di area sekitar Masjid. Banyak juga yg mengabadikannya dalam bentuk berfoto2 diarea tsb.

koridor-istiqlal

lot-istiqlal

FYI, itu bukan foto saia yah….hanya ilustrasi.

Diwaktu ngabuburit menjelang senja cahaya yg dipendarkan ke lantai oleh sinar matahari berwarna jingga memberi efek yg bagus untuk berfoto ria, jadi mzbro ga perlu lagi pake efek camera360 di smartphone, pake kamera seadanya juga dijamin berefek kaya sephia….hahahhahaha

Menjelang malam, suasana dan penataan lampu eksterior dikawasan Masjid Istiqlal lebih indah dan temaram lagi, jadi saia pribadi sangat2 menyarankan bagi mzbro skalian yg jauh dan pengen merasakan khusyuk ibadah di Masjid Istiqlal kalian ga akan menyesal deh… sedari ba’da ashar sampe ngabuburit dijamin berkesan, sampai masuk waktu menjelang berbuka puasa mzbero ga perlu bingung nyari “bukaan” karena di Masjid ini selama bulan suci akan mengadakan buka puasa bersama selama 1 bulan penuh. Tanya aja sama security nanti akan diberitahu dimana lokasi persisnya, saia sendiri lupa dipintu mana sebab terakhir ikut buka puasa bersama di Istiqlal itu waktu masi pake seragam sekolah, jadi uda lama banget….hehhhehehe

Pengalaman waktu itu, setiap hari ramai orang yg berbuka puasa bersama, ada yg memang musafir, ada tunawisma, dan banyak juga warga yg jauh2 datang hanya untuk berbuka bersama di Masjid ini.

buka puasa istiqlal

Saia sendiri dulu sering bersama kawan2 datang untuk berbuka puasa bersama dilanjut sholat maghrib berjamaah lalu kembali pulang kerumah untuk persiapan ibadah berikutnya, terkadang bablas sampai tarawih di Masjid ini. Waktu itu mungkin belum diatur dan tertib seperti sekarang, dimana banyak penjaja makanan sampai ke batas suci Masjid dan kita bebas membeli makanan atau minuman di pintu masuk Masjid lalu dengan santai membawanya kedalam area Masjid dan menikmatinya bersama kawan di sepanjang koridor atau di area tangga. Tapi sekarang demi menjaga kebersihan dan kenyamanan area Masjid maka sudah tidak diperbolehkan lagi membawa makanan dari luar masuk ke area Masjid. (….hehehhee sedikit curcol yah :P )

Setelah berbuka puasa bersama mzbro bisa melanjutkan ke area wudhu dibawah dan kembali ke area ruang utama untuk ibadah Sholat Maghrib berjamaah. Disela2 waktu Maghrib dan Isya, mzbro bisa berjalan2 diarea pelataran masjid untuk menikmati keindahan arsitektur ataupun  interior Masjid atau mungkin bisa juga bagi yang masih kelaparan buat menambah saving didalam perut :D cukup banyak penjual makanan di areal pelataran Masjid saat bulan suci berlangsung. Sampai tiba waktu Sholat Isya, barulah mzbro kembali bersuci lalu ke ruang utama Sholat untuk ibadah Sholat Isya berjamaah dilanjut Tarawih. Umumnya di Masjid ini selepas Sholat Isya sebelum ceramah Romadhon dimulai biasanya diperdengarkan lantunan ayat2 suci Al Quran oleh Qori/Qoriah yg merdu sekali bahkan bisa menyentuh ke hati bagi mzbro skalian yg memang datang khusus untuk mendekatkan diri kepada Alloh Ta’Ala. Mungkin hal ini dikarenakan alunan suara yg dihasilkan dipantulkan oleh kubah bangunan itu sendiri jadi suara yg bergema itu terdengar sangat menyentuh khususnya pada nada2 tinggi bacaan Al Quran.

Setelah ibadah tarawih selesai, Masjid tetap terbuka bagi masyarakat umum, bahkan 10 hari terakhir biasanya ramai orang untuk melakukan I’tiraf dan sebagainya hingga menjelang waktu sahur. Bolelah juga mzbro skali2 coba bermalam di Masjid ini, di waktu sahur jangan takut kelaparan karena sahur bersama dilokasi berbuka bersama seluruh jamaah Masjid dan pengurus Masjid.

Itulah rangkaian cerita atau itinerary yang biasanya saia lakukan disaat bulan suci Romadhon di Masjid Istiqlal. Mungkin bisa menginspirasi mzbro sekalian supaya ga hanya mengisi bulan suci ini dengan aktifitas biasa disekitar rumah. Bolehlah sekali2 kita berkunjung ke Masjid Raya dan nikmati pengalaman religi yg tidak biasa. Inshalloh kalau ada niat baik pasti jadi berkah buat kita…aamiiinn

istiqlal

Penulis: reandrra46

Foto Profil dari reandrra46
prince charming riding a yamaha bike, fast in cornering and late braking

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...