Travelling / Tips / Tips Traveling Dengan Menggunakan Pesawat Terbang

Tips Traveling Dengan Menggunakan Pesawat Terbang

Setiap orang yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi pesawat terbang tentu mengharapkan perjalanannya lancar, nyaman, dan nyaman. Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara penumpang, petugas bandara, dan awak kabin. Berbagai syarat dan ketentuan telah disebutkan dalam tiket atau diberitahukan oleh petugas travel saat Anda booking tiket. Awak kabin (pramugari) juga akan memberitahukan banyak hal yang berlaku sebelum dan selama penerbangan berlangsung.

Berikut ini saya sampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Sebelum diprint, cek tiket pesawat untuk memastikan tanggal keberangkatan, jam, dan tujuan. Saya nyaris salah tujuan ketika petugas travel menyebutkan rute penerbangan. Dia menyebut kota Wellington yang ada di New Zealand padahal tujuan traveling saya adalah Wellington yang ada di India. Rute segera di rubah. Dari Jakarta ke Madras melalui Singapura, lalu ke bandara Coimbator, India sebagai tujuan akhir.  Selanjutya saya naik taxi ke Wellington.

2. Berangkatlah dari rumah atau hotel agak lebih dini. Pastikan Anda sudah berada di bandara minimal satu jam sebelumnya. Lebih baik santai di bandara daripada Anda ngebut menuju bandara. Jaman sekarang agak sulit memprikdisi lama perjalanan karena kemacetan lalu lintas.

 3. Taati peraturan penerbangan antara lain larangan membawa benda berbahaya dalam bagasi atau tas kabin. Proses checkin bisa lambat jika Anda harus membuka koper untuk mengeluarkan benda-benda terlarang.

 4. Jangan meninggalkan barang Anda di sembarang tempat. Jika akan berpindah tempat, misalnya ke kantin atau kamar kecil sebaiknya barang ikut dibawa.

 5. Masuklah ke ruang tunggu sebelum atau segera setelah Anda dipersilahkan. Anda pasti tidak nyaman dan kalang kabut jika mendengar: ”Panggilan terakhir untuk Tuan Raymoe.  Harap segera masuk ke pesawat.” Ada bandara yang secara ketat melarang penumpang masuk gate/pintu yang sudah ditutup.

 6. Di bandara ada tempat-tempat tertentu yang dilarang merokok. Ini juga harus kita patuhi.

 7. Ketika sudah masuk ke pesawat sebaiknya handphone dan peralatan elektronik lainnya sudah tidak aktif. Berkali-kali awak kabin mengingatkan agar penumpang segera menonaktifkan handphone dan lain-lainnya. Malu kan jika awak kabin dan beberapa menumpang melirik Anda yang masih asyik berbincang di telepon seluler. Jangan sampai kita dinilai sebagai manusia yang tidak beradab.

 8. Pada saat masuk pesawat jangan berlama-lama berdiri di gang karena bisa menganggu pergerakan penumpang yang ada di belakang Anda. Setelah meletakkan barang di kotak kabin bergegaslah duduk.

 9. Duduklah di kursi sesuai nomor yang tertera dalam tiket. Beberapa kali saya harus menunggu di gang ketika tempat duduk saya ditempati oleh orang lain. Kadang saya agak jengkel jika awak kabin malah minta saya duduk di kursi yang lain. “Apakah Bapak bisa duduk di kursi nomer 23A?” Hampir selalu ada penumpang yang salah duduk tampak cuek-bebek, tak mau pindah ke kursinya sendiri.

 10. Tempat untuk meletakkan barang yang ada dalam pesawat sudah ditentukan ukurannya. Tak elok jika kita membawa koper, tas atau kardus yang melebih ukuran. Pemindahan barang Anda yang kebesaran ke bagasi pesawat bisa menyebabkan keberangkatan pesawat tertunda beberapa saat.

11. Jangan meletakkan barang di tempat terlarang antara lain di gang pesawat, atau gang deretan tempat duduk. Ini akan menganggu evakuasi ketika dalam keadaan darurat.

12. Perhatikan demonstrasi tentang pemakaian sabuk pengaman, pemakaian masker oksigen serta cara melakukan evakuasi jika dalam keadaan darurat, Panumpag yang duduk di dekat pintu darurat biasanya akan mendapat tugas untuk membuka pintu tersebut. Ikuti dengan seksama petunjuk awak kabin.

 13. Duduk sambil tetap mengenakan sabuk pengaman memang kurang nyaman tetapi dalam keadaan cuaca kurang bersahabat selayaknya sabuk pengaman tetap dipakai.

 14. Perlu juga diperhatikan ketertiban selama penerbangan. Kurang pantas kita ngobrol dengan suara keras ketika penumpang yang lain sedang istirahat atau tidur. Utamanya pada penerbangan panjang atau malam hari.

 15. Jika bepergian bersama anak-anak (utamanya balita) pastikan bahwa putra-putri bisa Anda kendalikan. Anak balita ada juga yang suka berjalan hilir mudik sambil tertawa atau berteriak-teriak di gang pesawat. Ini bisa menganggu kenyaman penumpang yang lain.

 16. Ketika pesawat sudah menyentuh landasan saat mendarat bukan berarti Anda sudah bisa mengaktifkan handphone. Awak kabin selalu mengingatkan agar penumpang tempat duduk di kursi masing-masing dan tidak mengaktifkan HP.

17. Ambil barang setelah pesawat berhenti dengan sempurna. Keluar dari pesawat tetap dalam antrian yang tertib.

18. Sebelum meninggalkan pesawat periksalah barang bawaan Anda agar tidak ketinggalan. Jangan sekali-kali membawa benda property pesawat misalnya jaket pelampung.

 19.  Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada awak kabin yang biasanya standby di dekat pintu keluar pesawat.

Tak kalah penting dari semua yang saya sebutkan di atas adalah berdoa sebelum, selama perbangan, dan setelah sampai tujuan.

Itulah beberapa tips traveling dengan menggunakan pesawat terbang agar perjalanan Anda lancar, nyaman, aman.

Jika ingin menambahkan silahkan ditulis di kolom komentar agar pembaca yang lain dapat memanfaatkannya.

Penulis: Abdul Cholik

Foto Profil dari Abdul Cholik

One comment

  1. Tambahan mas, kalo manggil pramugara atau pramugari gausah menjentikkan jari atau bersiul, karena beberapa diantara mereka ga suka di panggil dengan cara begitu :)

    eh tapi pernah ga sih dapet pengalaman aneh di pesawat?

    Regards,
    Fahmy Haryandi
    ZOCKO

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...