Travelling / Lain-lain / Permainan Tradisional Patok Lele

Permainan Tradisional Patok Lele

Gambar 1. Seorang Anak Bermain Patok Lele

Gambar 1. Seorang Anak Bermain Patok Lele

Travelling ke berbagai daerah di nusantara rasanya belum lengkap sebelum mengenal berbagai permainan tradisional di daerah tersebut. Indonesia tidak hanya memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Tapi Indonesia juga dikenal memiliki kekayaan budaya. Termasuk di dalamnya adalah Indonesia memiliki kekayaan permainan tradisi yang menjadi ciri khas.

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki permainan tradisi. Pada artikel ini Penulis ingin berbagi informasi tentan salah satu permainan tradisional yang populer di hampir seluruh kabupaten di Provinsi Riau. Permainan ini dikenal dengan sebutan Permainan Patol Lele. Selain populer di  Riau, permainan patok lele ini juga dikenal di beberapa daerah lainnya, termasuk di daerah Sumatera Barat.

Permainan Patok Lele umum dimainkan oleh masyarakat di daerah pedesaan. Bisa dilakukan oleh anak-anak, remaja hingga dewasa. Permainan ini juga umum dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. Permainan ini biasanya dimainkan di arena yang lapang. Biasanya dilakukan di halaman rumah atau tanah lapang. Karena, pada permainan ini dibutuhkan ruang yang cukup luang untuk melempar dan memukul potongan kayu patok lele ke depan.

Perlengkapan Permainan

Untuk memainkan permainan ini, kita membutuhkan beberapa perlengkapan, yaitu:

–          Kayu atau anak patok lele.

Yakni potongan kayu kecil dengan ukuran panjang lebih kurang 10 cm dan diameter lebih kurang 3 cm.

–          Tongkat patok lele

Yakni potongan kayu dengan ukuran panjang lebih kurang 40 cm dan diameter 3 cm

Selain kedua perlengkapan tersebut, kita juga membutuhkan sebuah lobang berbentuk oval di arena tempat bermain. Biasanya dibuat dengan cara mengeruk tanah lapangan beberapa centimeter. Ukuran lobang tidak terlalu dalam, hanya seukuran seperempat hingga setengah dari ukuran panjang anak patok lele. Lobang ini berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan anak patok lele yang akan dipukul dan ditingkah hingga terpental.

Cara Bermain Patok Lele

Permainan ini bisa dilakukan secara individu ataupun dalam group. Untuk memulai permainan dilakukan pengundian dengan cara sud. Pemain atau grup yang menang undian dipersilahkan memulai permainan terlebih dahulu.

Adapun cara bermainnya adalah sebagai berikut. Pertama, anak patok lele diletakkan pada lobang tanah dengan salah satu ujungnya berada di luar lobang. Kemudian dengan menggunakan tongkat patok lele, ujung kayu anak patok lele dipukul hingga terpental vertikal. Kemudian anak patok lele yang terpental tersebut dipukul sekuat tenaga ke depan. Sehingga anak patok lele  terpental sejauh-jauhnya.

Lihat di mana titik jatuhnya anak patok lele tersebut. Ukur jarak antara lobang dan posisi jatuh anak patok lele tersebut dengan menggunakan tongkat patok lele. Jumlahnya merupakan nilai poin yang diperoleh oleh pemain yang melakukan pemukulan tadi. Pemain atau group yang paling banyak mengumpulkan poin, merekalah yang menang.

Manfaat Positif dari Permainan Patok Lele

Ada beberapa manfaat positif yang bisa diperoleh dari Permainan Patok Lele, diantaranya yaitu:

–          Belajar ketangkasan dalam memukul.

Permainan ini membutuhkan ketangkasan pemainnya dalam memukul. Tanpa ketangkasan, mustahil potongan kayu anak patok lele yang terpental bisa dipukul dengan tepat. Karena itu, dengan memainkan permainan ini anak-anak akan lebih terlatih ketangkasannya dalam memukul dan meningkah benda yang dipantulkan dari bawah.

–          Melatih kemampuan berhitung

Dalam permainan ini pemain juga dituntut untuk mengukur dan menghitung perolehan poinnya sendiri. Yaitu dengan cara mengukur jarak pukulan anak patok lele dengan panjang tongkat pemukul patok lele.

–          Menciptakan keceriaan

Setiap permanan tentunya akan meciptakan keceriaan bagi anak-anak. Demikian juga halnya dengan permainan patok lele. Setiap pukulan patok lele yang berhasil dilakukan adalah sumber keceriaan bagi pemainnya. Semakin jauh pukulan, maka akan menciptakan senyum yang lebar d wajah pemainnya. Karena jarak pukulan yang tercipta adalah ukuran dari jumlah poin yang akan diperoleh.

Nah sahabat blogger, sedikit informasi tentang Permainan Tradisional Patok Lele dari daerah Riau. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi Gambar:

  1.  http://fannyseptria.blogspot.com/2012/11/permainan-tradisional-patok-lele.html

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. Patok lele dikampungku juga ada lo… hehehe

  2. apa hubungan patok lele dengan pesawat sederhana

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...