Travelling / Wisata / Wisata Bromo Murah

Wisata Bromo Murah

imagesGunung Bromo dari bahasa Sanskerta yaitu Brahma yang artinya salah seorang Dewa Utama Hindu. Gunung bromo ini merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif dan sangat terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur dan juga sebagai obyek wisata murah, hal ini karena untuk kesana anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli banyak oleh-oleh atau barang lainnya yang sering anda lihat di berbagai obyek wisata lainnya, cukup siapkan bekal secukupnya dan juga beberapa persiapan yang anda butuhkan untuk pergi kesana. Sebagai sebuah obyek wisata atau Bromo tour, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Bromo sebagai gunung suci bagi penduduk Bromo, suku Tengger, gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung yang suci. Satu tahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Kasodo atau Yadnya Kasada. Upacara ini diadakan di sebuah pura yang berada di bawah kaki gunung bromo utara dan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam sampai dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (ke sepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam 4 wilayah, yaitu Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, dan Kabupaten Malang . Bentuk tubuh gunung bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 km persegi. Gunung bromo memiliki sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara selatan) dan ± 600 meter (timur barat). Sedangkan untuk daerah bahayanya yaitu berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Sejarah letusan selama abad 20, gunung yang terkenal sebagai tempat wisata bromo itu meletus sebanyak 3 kali, dengan jeda waktu yang teratur, yaitu 30 tahun. Jika anda punya rencana atau ingin mencari obyek wisata sendiri di Jawa Timur, banyak sekali yang bisa membantu mengaturkan jadwal yang terbaik untuk anda., menyediakan transportasi yang aman dan nyaman, serta mereka juga bisa membantu untuk reservasi akomodasi hotel nya.

Tentunya anda penasaran dengan tempat wisata ini, karena berbeda dengan tempat atau gunung lainya, gunung memiliki ngarai atau padang pasir yang menghampar luas. Jika anda benar-benar penasaran silahkan datang langsung dan selamat bersenang senang. Jadikan liburan anda ke gunung ini menyenangkan dan menjadi sejarah yang tidak terlupakan. Ada satu pesan khusus yang sebaiknya anda lakukan, ajak teman atau saudara untuk menemani anda liburan dan berwisata ke tempat ini supaya anda mempunyai teman untuk berbagi saat berada di perjalanan.

Penulis: lis zanah

Foto Profil dari lis zanah

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...