Travelling / Tips / Tips Melancong Bagi Ibu Hamil

Tips Melancong Bagi Ibu Hamil

images (3)Siapa yang tidak ingin berlibur, hampir semua kalangan ingin merasakan liburan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Akan tetapi tidak semua rencana bisa berjalan sesuai dengan keinginan. hal itu bisa dipicu karena waktu yang sempit, dana yang terbatas. Dan bagi seorang ibu, bukan hanya factor itu saja yang bisa membuat liburan mereka menjadi terganggu, kehamilan juga bisa membuat rencana jalan-jalan dibatalkan. Namun pada kenyataannya setiap halangan sebenarnya bisa disiasati. Khusus untuk ibu hamil anda harus memperhatikan beberapa hal. Berikut beberapa tips melancong bagi ibu hamil:

  1. Waktu yang tepat. Ada banyak rasa yang dirasakan oleh ibu hamil, mual dan pusing seringkali dialami oleh ibu hamil pada masa awal kehamilan. Karena itu, waktu berlibur yang harus dihindari adalah masa awal kehamilan anda. selain awal kehamilan, anda juga harus menghindari bepergian beberapa waktu sebelum melahirkan, waktu itu yaitu minggu ke-36 sampai 38. Waktu yang disarankan dan bagus untuk ibu hamil adalah saat usia kandungan pada bulan ke-4 dan ke-6.
  2. Pilih perjalanan yang Dekat. Jika anda sekarang dalam kondisi hamil maka usahakan untuk tidak melakukan perjalanan jauh, apalagi jalur berat. Dan jika anda menggunakan jalur udara maka pilih penerbangan yang tidak terlalu lama. Satu hal lagi yang harus anda ingat adalah ibu hamil tidak boleh tidur dengan ketinggian lebih dari 3.600 m di atas permukaan laut.
  3. Selalu bawa catatan dari dokter anda. Ke mana pun tujuan Anda, ingatlah untuk selalu membawa catatan medis dari dokter anda. Sebelum pergi, sebaiknya anda mencari info tentang rumah sakit dan juga fasilitas di tempat tujuan.
  4. Gunakan mobil sebagai alat transportasi. Bepergian dengan menggunakan jalur udara memang lebih cepat dan menghemat waktu. Tapi bagi ibu hamil, mobil merupakan transportasi paling tepat. Alasanya, ibu hamil butuh banyak bergerak dan meregangkan tubuhnya, dan dengan menggunakan mobil anda bisa bergerak dengan lebih leluasa juga bisa berhenti di sebuah lokasi jika tubuh anda merasa sudah membutuhkan istirahat.
  5. Minum air putih yang Banyak. Ibu hamil harus banyak minum air putih supaya tubuh tetap terhidrasi. Minumlah air mineral yang cukup setidaknya 8-12 gelas setiap hari.

Demikian tips melancong untuk ibu hamil, semoga bermanfaat untuk anda.

Penulis: lis zanah

Foto Profil dari lis zanah

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...