Travelling / Info / 10 Negara dengan Visa Terburuk dan Terbaik

10 Negara dengan Visa Terburuk dan Terbaik

Peraturan pemberian visa berbagai negara di dunia diketahui berbeda-beda. Ada yang sulit, ada pula yang mudah. Ada pula negara yang bikin jengkel karena seseorang harus membuang waktu, kehabisan tenaga, dan uang hanya untuk mendapatkan visa sebelum berkunjung ke negara tersebut.

unduhanSebuah lembaga konsultan global di bidang perencanaan kewarganegaraan secara global, Henley & Partners, dan membantu penyusun negara-negara yang dianggap paling buruk untuk melakukan perjalanan secara internasional. Mereka dapat menganalisis regulasi visa semua negara dan teritori di seluruh dunia dan merankingnya berdasarkan kebebasan bepergian untuk warga negaranya.

Hasilnya menunjukkan, negara paling buruk dalam urusan visa yaitu Afganistan. Karena Rakyat Negara Afganistan hanya bisa mengunjungi 28 negara di seluruh dunia tanpa memerlukan visa. Selanjutnya adalah Irak (warganya hanya bisa mengunjungi 31 negara tanpa visa), Somalia dan Pakistan (32 negara) dan Teritori Palestina (36 negara)

Sementara, negara-negara Eropa berada pada ranking yang paling tinggi. Terutama Finlandia, Swedia, dan Inggris Raya menempati posisi teratas dimana rakyat mereka bisa bepergian ke 173 negara hanya menggunakan paspor mereka.

“Dalam dunia global hari ini, batasan visa memainkan peran penting dalam mengontrol pergerakan warga negara asing dari perbatasan,” Ungkapan juru bicara Henley & Partners. “Hampir semua negara kini menyarankan visa dari warga negara asing tertentu yang ingin masuk ke daerah mereka. Hal ini persyaratan dari visa juga mengekspresikan hubungan antara negara tersebut. Secara keseluruhan ini juga dapat mencerminkan relasi dan status negara itu dalam komunitas negara seluruh dunia,” Ucap henley.

Berikut ini adalah 10 negara dengan paspor terbaik, yaitu Finland, Swedia, Inggris Raya (masing-masing warga negaranya bisa bepergian ke 173 negara tanpa visa), Denmark, Jerman, Luxemburg, Amerika (masing-masing bisa bepergian ke 172 negara), Belgia, Italia, Belanda (masing-masing bisa bepergian ke 171 negara).

Sementara dari 10 negara merupakan paspor terburuk adalah Afganistan (23 negara), Irak (31 negara), Somalia (32 negara), Pakistan (32 negara), Teritori Palestina (36 negara), Eritrea (36 negara), Nepal (37 negara), Sudan (38 negara), Sri Lanka, dan Lebanon (masing-masing 38 negara).

Semua informasi ini bertujuan sebagai sebuah bahan referensi saja, yang terpenting adalah tetap waspada dan selalu menjaga ketelitian kemana pun kita akan pergi nantinya.

Penulis: lis zanah

Foto Profil dari lis zanah

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...