Travelling / Wisata / “SALUOPA” Air Terjun 12 Tingkat

“SALUOPA” Air Terjun 12 Tingkat

Hai pecinta travelling seluruh dunia, ketemu lagi bareng ane nih, masih membahas seputar objek wisata di Sulawesi Tengah tepatnya masih dari sekitaran kota Poso.

Kota Poso memang terdengar kota yang anker, mencekam bagi sebagian orang Indonesia karena pernah terjadi peristiwa berdarah yang memakan banyak korban. Namun kini kota Poso tidak seperti yang sering digambarkan. Dibalik hal negatif yang pernah terjadi ternyata di sekitaran kota Poso memiliki anugerah alam yang luar biasa. Sebut saja pasir putih di danau Poso, namun tidak cuma itu, poso masih memiliki objek wisata alam air terjun bertingkat 12 yang diberi nama masyarakat setempat Saluopa.

Saluopa 1

Bagi traveller yang biasa mengunjungi air terjun mungkin saja sudah bosan, tapi air terjun yang satu ini berbeda dan memiliki keunikan tersendiri, mau tau…….?

Air terjun Saluopa sebenarnya tidak setinggi air terjun yang lain, mata airnya berasal dari kaki gunung yang memiliki ketinggian hanya 25 meter. Tetapi air terjun ini memiliki 12 tingkatan dan airnya tetap mengalir deras, jernih dan segar. Inilah yang membuat saluopa berbeda sehingga sering disebut juga air luncur Saluopa.

Konfigurasi bebatuan dan vegetasi di setiap tingkatan berbeda beda. Ada yang penuh oleh batuan dan ada juga kolam-kolam kecil dengan batang pohon besar. Anda dapat bermain air dan berendam, sensasi suasana alaminya begitu terasa.

Hal anehnya, bebatuan disini meski dialiri air terus menerus tetapi tidak berlumut dan tidak licin saat dipegang atau diinjak, hal ini memungkinkan traveller memanjat dan berbasah ria dari tingkat ke tingkat langsung di tengah terpaan air yang mengalir, sungguh sensasi yang berbeda. Jika tidak mau bersusah payah melewati air terjunnya, disediakan juga tangga batu disamping air terjun ini untuk sampai ke puncaknya.

Penasaran mengunjunginya?

Letaknya berada di desa Tonusu, 12 kilometer arah barat dari kota Tentena (ibukota kecamatan Pamona Utara) dan sekitar 54 kilometer arah tenggara kota Poso. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat tetapi masih harus jalan kaki kedalam lokasi air terjun, meskipun demikian sepanjang perjalanan menuju lokasi jalanya tidak sulit, suasananya sangat sejuk, melewati jembatan kecil dan gemercik aliran air terdengar tenang dan damai.

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...