Travelling / Wisata / Pasir Putih di Danau Poso

Pasir Putih di Danau Poso

Danau Poso adalah danau terluas keempat di Indonesia setelah danau Toba Sumatra Utara, danau Towuti di Sulawesi tengah dan danau Sentani di kota Jayapura Papua. Danau ini memiliki luas 34.280 ha dan berada di ketinggian 657 m diatas permukaan laut. Danau poso terletak di pulau Sulawesi, tepatnya di Provinsi Sulawesi Tengah sama dengan danau Towuti.

Nama Poso diambil dari nama Kabupaten Poso tempat danau ini berada. Lokasi ini dapat ditempuh dari kota Palu sekitar 6 jam ke kota Poso. Dari kota poso masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam kearah kota Tentena.

Danau Poso menawarkan pemandangan yang eksotis dan menawan. Hamparan air yang luas terlihat seperti lautan sejauh mata memandang. Bahkan pada daerah yang bernama Siuri ditemukan berpasir putih kekuningan. Sungguh sesuatu yang luar biasa karena pada umumnya yang memiliki pasir putih adalah pantai dan bukan danau.

Di area ini biasanya orang orang datang untuk berwisata, berlibur atau sekedar bersantai. Bagi yang ingin menikmati suasana danau di malam hari atau menunggu keindahan disaat matahai terbit tidak perlu khawatir karena disini tersedia tempat untuk menginap berbentuk rumah-rumah dengan jumlah cukup banyak.

Meskipun belum banyak sarana hiburan yang memadai seperti jetski, banana boat dan saranahiburan lain  karena belum dikelola secara maksimal baik oleh pemerintah daerah ataupun pihak swasta,  namun dibalik keaslian alamnya inilah yang menjadi daya tarik utamanya.

penginapan danau poso

bermain di air

bermain air di danau poso

bermain pasir

Bermain-main di pinggir danau seperti bermain bola di pasir putih, bermain pasir, berenang dan berendam di tepian dengan air yang bening terlihat sampai dasar, akan membuat lupa waktu karena keasikan. Berkumpul membuat api unggun sambil membakar ikan di malam hari bersama keluarga atau teman terasa sangat menyenangkan. Seperti berada di suasana pantai dengan ombak yang tidak besar.

Sebuah perjalanan yang tidak sia-sia jika anda sudah datang mengunjunginya. Goresan khas pemandangan yang sangat indah dan pengalaman yang tak akan terlupakan. Thanks u.

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...