Travelling / Wisata / Yuk Uji Nyali di Canopy Bridge Bukit Bangkirai Balikpapan

Yuk Uji Nyali di Canopy Bridge Bukit Bangkirai Balikpapan

Bukit Bangkirai Balikpapan merupakan kawasan hutan yang penuh dengan berbagai jenis pohon tinggi, khususnya dari jenis bangkirai. Kawasan hutan yang dikelola oleh Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI) PT Inhutani ini saat ini terkenal sebagai wisata alam yang mempesona. Jika anda ingin merasakan suasana wisata alam di tengah hutan lebat dengan pohon-pohon berukuran tinggi, maka tak ada salahnya anda berkunjung ke Balikpapan.

Kawasan wisata alam Bukit Bangkirai Balikpapan terletak di Kutai Kertanegara, Balikpapan, Kalimantan Timur atau tepatnya di Jalan Raya Soekarno-Hatta Km 38, Samboja. Ada banyak alternative sarana transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai ke lokasi tersebut. Jika anda dating dari luar pulau, anda bisa menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Sepinggan, Kota Balikpapan. Dari sini perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan mobil sewa menuju lokasi dengan waktu 1,5 jam perjalanan.

Wisata Bukit Bangkirai

Selain itu, perjalanan juga bisa ditempuh dengan memanfaatkan angkutan antar kota yang menuju ke Kabupaten Kutai Kertanegara. Setelah itu baru dilanjutkan dengan menyewa mobil. Jika anda belum mengenal atau belum pernah berkunjung ke kawasan ini, sebaiknya sewalah mobil lengkap dengan sopirnya karena banyaknya jalan yang cukup terjal yang mesti dilalui.

Eloknya Bukit Bangkirai Balikpapan

Saat tiba di lokasi, anda akan menyaksikan sebuah kawasan hutan yang begitu luas. Namanya juga hutan Kalimantan Timur yang dikenal khas dengan pohon tinggi, begitu juga dengan pemandangan yang ada di Bukit Bangkirai. Kawasan hutan tropis seluas 1500 ha ini memang berada dalam pengelolaan PT Inhutani guna menjaga kelestariannya.

Di sekeliling tempat itu juga terdapat sejumlah fasilitas wisata, seperti cottage untuk wisatawan yang ingin menginap maupun rumah makan. Namun sebelum anda memasuki kawasan hutan wisata itu, anda sebaiknya mempersiapkan segala kebutuhan selama dalam perjalanan. Utamanya kamera karena anda akan banyak menemukan banyak sekali obyek menarik yang sangat sayang jika tidak diabadikan.

Di kawasan hutan ini ada banyak binatang langka yang tidak bakal anda jumpai di tempat lain, seperti bajing terbang, rusa sambar, monyet ekor panjang, owa-owa, ataupun lutung merah. Kabarnya juga terdapat ratusan burung langka dengan penampilan yang menawan di tempat ini. Tak sedikit juga tanaman atau pohon langka yang terdapat di sini, terutama jenis anggrek hitam yang terkenal sebagai tanaman maskot bagi Provinsi Kalimatan Timur.

Sepanjang perjalanan, anda akan dikelilingi pohon-pohon tinggi besar, khususnya jenis bangkirai yang memiliki diameter sekitar 1,2 meter dan ketinggian yang mencapai 40 hingga 50 meter. Pohon-pohon ini kabarnya telah beumur ratusan tahun dan kayunya biasanya dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan pembangunan, seperti untuk konstruksi bangunan, dibuat kapal, ataupun untuk bantalan rel kereta api.

Di hutan wisata ini anda akan bertemu dengan sebuah jembatan gantung yang berada di ketinggian pohon yang terkenal dengan sebutan Canopy Bridge atau Jembatan Canopy. Jembatan yang tingginya sekitar 30 meter ini dibangun diantara dua pohon bangkirai. Seperti dikutip dari Wikipedia, jembatan ini hanya satu-satunya yang ada di Indonesia yang tidak akan anda temukan di hutan lainnya dan merupakan jembatan gantung ke-8 yang ada di dunia.

Bukit Bangkirai Balikpapan

Konstruksi jembatan gantung ini kabarnya dibuat dan dikerjakan oleh kontraktor dari Canopy Construction Assosiated (CCA) Amerika Serikat. Selain menggunakan bahan kayu, Canopy Bridge juga dibuat dari galvanized atau bahan baja anti karat dari Amerika sehingga aman saat dilalui para wisatawan. Jembatan laying sepanjang sekitar 25 meter ini akan menguji mental dan adrenalin anda.

Untuk bisa berjalan di Canopy Bridge anda mesti menaiki tangga yang telah disediakan untuk itu. Tangga ini dibuat berputar mengelilingi pohon. Saat naik tangga ini, anda sebaiknya naik dengan kati-hati dan tak perlu melihat ke bawah karena tingginya jembatan ini. Setelah berhasil di atas dan melewai jembatan gantung itu, anda akan menemukan sebuah kenikmatan yang luar biasa. Segarnya udara hutan dengan panorama cakrawala membentang luas di atas pepohoan tinggi Bukit Bangkirai Balikpapan akan memberikan pengalaman hidup yang tak akan terlupakan.

Sumber gambar: images-google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...