Travelling / Wisata / Wisata Pulau Rote, Surga Tersembunyi di Ujung Indonesia

Wisata Pulau Rote, Surga Tersembunyi di Ujung Indonesia

Wisata Pulau Rote bisa dibilang merupakan sebuah surga yang tersembunyi. Keindahan alamnya yang luar biasa bisa mengalahkan semua pantai terkenal di Indonesia. Namun karena lokasinya yang berada di ujung selatan Indonesia menyebabkannya seperti tersembunyi dan tidak banyak dikunjungi para turis, utamanya wisatawan asing.

Kepulauan Rote yang disebut juga Pulau Roti terletak di Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau yang berada paling selatan dari wilayah Indonesia itu ternyita menyimpan mutiara yang sungguh luar biasa. Pulau yang popular dengan budidaya lontarnya yang khas ini juga diketahui memiliki gelombang lautnya yang sangat menantang.

Wisata Pulau Rote

Besarnya gulungan ombak pantai di kawasan ini malah sudah sangat dikenal di kalangan para peselancar dari seluruh penjuru dunia. Tak jarang mereka berkumpul di kawasan ini untuk uji kemampuan dalam kejuaraan selancar tingkat dunia. Apalagi panorama alam di pulau ini tak kalah cantiknya dengan Bali atau pantai lain di tanah air.

Setidaknya terdapat 96 pulau di Kepulauan Rote dimana yang berpenghuni hanya 6 pulau, termasuk Pulau Rote yang diapit oleh dua pulau, yaitu Pulau Sumba di sebelah barat dan Pulau Timor di sebelah timur laut yang menjadikan Rote agak terlindung.

Ragam Keindahan Wisata Pulau Rote

Ada beberapa lokasi wisata Pulau Rote yang dikenal memiliki keindahan sangat menawan. Diantaranya Pantai Bo’a, Pantai Nembrala, Pantai Oeseli, serta Bukit Mando’o. Pantai-pantai di pulau ini umumnya berpasir putih yang lembut yang terhampar luas bak permadani. Pohon nyiur yang sangat memikat yang terdapat di sekitarnya menambah suasana terasa begitu mempesona.

Pantai Bo’a dan Nembrala dikenal para peselancar dunia karena gelombang ombaknya yang sangat menakjubkan. Bahkan kabarnya, ketinggian ombaknya yang menantang itu mencapai hingga 7 lapis dan dianggap sebagai yang terbesar kedua di dunia setelah Hawai. Begitu juga dengan putaran ombaknya yang unik banyak dicari para peselancar dunia karena jarang ditemukan di berbagai pantai di seluruh dunia. Karena itulah pada saat liburan, khususnya saat high season, kedua pantai ini umumnya ramai dengan kunjungan wisatawan asing yang hanya ingin berselancar di kawasan ini.

Air lautnya yang berwarna kehijauan dengan berbagai batu karang yang banyak terdapat di sekitar pantai menambah indah panorama yang tersaji. Apalagi Pulau Rore agak terlindungi dengan adanya pulau besar di sekitarnya yang menjadikannya seperti terlindungi dari besarnya ombak lautan lepas. Karena itulah suasana di sekitar pantai juga sangat nyaman untuk berjemur sambil menikmati kehangatan matahari hingga saat sunset tiba.

Pulau Rote NTT

Hal lain yang turut membuat kawasan wisata Pulau Rote begitu istimewa adalah panorama bawah lautnya yang sungguh luar biasa. Selain keanekaragaman ikan dan biota lautnya, terumbu karang di kawasan ini juga masih sangat alami dan belum dirusak ulah manuaia. Keelokan panorama bawah laut ini di Pulau Rote bahkan disejajarkan dengan Wakatobi ataupun Bunaken.

Keindahan alamnya yang luar biasa dan panorama laut dan bawah lautnya yang menakjubkan membuat kawasan wisata Pulau Rote memang sangat istimewa. Potensi wisata bahari di kawasan ini sebenarnya sangat besar. Meskipun sudah mulai banyak fasilitas wisata di sekitarnya, namun mungkin karena kurang promosi belum banyak wisatawan asing yang berkunjung ke tempat wisaa tersebut.

Banyak alternatif rute yang dapat ditempuh untuk menjangkau Pulau Rote. Jika anda menggunakan pesawat udara, maka anda akan mendarat di Bandara El Tari diKupang, NTT dan perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan feri ke Ba’a, kota terbesar yang terdapat di Pulau Rote. Jadwal kapal feri yang menuju ke Pulu Rote saat ini tersedia setiap hari dengan lama perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam. Dari Ba’a anda bisa menggunakan angkutan umum atau menyewa kendaraan untuk menjangkau berbagai pantai wisata Pulau Rote yang indah nan eksotik.

Gambar:google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...