Travelling / Wisata / Wisata Gunung Rinjani Lombok yang Mengesankan

Wisata Gunung Rinjani Lombok yang Mengesankan

Wisata Gunung Rinjani Lombok bisa jadi akan menjadi petualangan wisata yang sangat mengesankan buat Anda. Karena itu bagi Anda yang sedang mencari obyek wisata yang menantang, terlalu sayang bila melewatkan indahnya Gunung Rinjani. Apalagi Rinjani termasuk wisata gunung yang terkenal di Indonesia. Bahkan bila dibandingkan dengan gunung berapi lainnya di Indonesia, Gunung Rinjani termausk favorit dengan keindahan alam yang paling bagus.

gunung rinjani lombok

Kaldera Gunung Rinjani Lombok

Di gunung yang memliki ketinggian 3.726 meter ini Anda akan menyaksikan panorama alam yang sungguh indah, terutama saat sunset atau menjelang matahari terbit. Di atas lereng gunung yang cukup tinggi, Anda juga dapat menikmati cakrawala tanpa batas dengan awan yang begitu memikat disamping Anda. Apalagi beberapa gunung di sebelahnya, seperti Gunung Agung di Bali atau Gunung Tambora di Sumbawa menambah indah pemandangan yang ada.

Di kawasan ini juga terdapat sejumlah obyek yang menarik untuk disinggahi. Diantaranya Anda dapat menikmati panasnya padang savana yang memang menjadi ciri khas kawasan pegunungan vulkanik aktif. Juga ada kawasan hutan yang begitu hijau alami dengan berbagai berbagai flora dan fauna yang mungkin belum pernah Anda temukan di tempat lain.

Yang juga menarik di kawasan Gunung Rinjani Lombok adalah pemandangan indah kaldera dengan danau yang cukup luas di tengahnya. Banyak mitos tentang danau bernama Segara Anak yang kerap dijadikan tempat suci untuk upacara adat penduduk setempat ini. Mungkin karena itu pula danau kawah ini merupakan salah satu daya tarik wisata pegunungan di Lombok tersebut.

Jalur ke Wisata Gunung Rinjani

Sebagai kawasan wisata, Anda tak perlu khawatir dengan perjalanan Anda karena berbagai sarana dan fasilitas wisata tersedia di sepanjang pos pendakian. Begitu juga jalur untuk mencapai kawasan wisata tersebut juga cukup banyak tersedia.

Diantaranya Anda dapat mengambil jalan darat dari Mataram menuju beberapa desa seperti Senaru, Torean, atau Sembalun dengan waktu perjalanan antara 3 hingga 5 jam. Termasuk bila Anda datang dengan pesawat dan tiba di bandara Selaparang, Mataram juga dapat langsung menuju salah satu desa tersebut.

Dari ketiga desa itulah perjalanan pendakian dapat dilakukan menuju beberapa lokasi. Diantaranya dari Desa Sembalum, Lawang ke Pelawangan terus ke puncak Rinjani yang dapat ditempuh sekitar 10 jam. Atau dari Desa Senaru langsung menuju kawasan puncak sekitar 12 jam dimana jalur ini sering digunakan untuk prosesi upacara adat warga setempat. Menuju Gunung Rinjani Lombok bisa juga dari Desa Torean langsung menuju puncak namun dengan kondisi perjalanan yang cukup curam.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...