Travelling / Wisata / Wisata Dieng bak Berada di Nirwana

Wisata Dieng bak Berada di Nirwana

Wisata Dieng– Bila anda merasa jenuh dengan kehidupan kota dan aktivitas kerja harian yang melelahkan, mungkin anda perlu berwisata ke tempat yang menyejukkan dengan pemandangan alam yang indah saja tidak cukup. Tempat wisata itu haruslah juga yang mampu menenangkan jiwa bak berada di nirwana, sehingga dapat membuat anda benar-benar merasa fresh. Kalau itu tuntutannya, mungkin anda perlu mempertimbangkan berwisata ke kawasan Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo.

Menurut kisah, istilah atau kata dieng berasal dari dua kata dalam Bahasa Sansekerta yaitu “di” yang bermakna tempat dan “hyang” yang berarti dewa. Sehingga Dieng mengandung makna tempat atau pegunungan tempatnya para dewa bersemayam. Atau kalau menggunakan bahasa yang agak lebay, inilah kawasan nirwana tempat para dewa tinggal dan menghabiskan waktunya, terutama untuk melakukan semedi.

Makna Dieng sebagai sebuah nirwana mungkin tak terlalu berlebihan mengingat indahnya pemandangan dan nikmatnya tinggal di kawasan dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut itu. Dieng adalah kawasan dataran tinggi vulkanik paling luas di Jawa yang dikelilingi sejumlah gunung berapi, seperti Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Di sini juga terdapat banyak candi untuk tempat bersemedi yang merupakan peninggalan kerajaan Hindu kuno sekitar tahun 600 Masehi atau dari masa pemerintahan Dinasti Sanjaya.

Daya Tarik Wisata Dieng

Selain panorama alam pegunungannya yang begitu indah, daya tarik wisata Dieng adalah karena adanya dua telaga yang terbilang unik. Yaitu Telaga Pengilon dan Telaga Warna.

Telaga Pengilon merupakan sebuah telaga dengan airnya yang begitu jernih sehingga kita seakan sedang bercermin bila melihatnya. Tak jauh dari tempat itu juga ada sebuah telaga dengan air beraneka warna, seperti merah, biru, putih, atau hijau yang begitu indah, sehingga dinamakan Telaga Warna.

 

Wisata Dieng

Kawah Uap Belereng di Kawasan Dieng

 

Selain itu di desa wisata Sambungan kita dapat menikmati indah dan sejuknya berjalan di kawasan perkebunan teh ataupun menikmati matahari terbit dengan panorama alam yang begitu indah di puncak Gunung Sikunir.

Obyek wisata lainnya yang juga menarik dan menjadi tujuan wisatawan yang datang adalah kolam air panas dengan uap belerang. Air panas ini terjadi karena dataran tinggi Dieng memang dikenal masih aktif. Di kolam wisata Dieng inilah para wisatawan sering berendam atau sekadar mencuci badannya karena dipercaya atau dianggap bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...