Travelling / Lain-lain / Trend Tur Spa dan Wisata Kesehatan yang Makin Menggeliat

Trend Tur Spa dan Wisata Kesehatan yang Makin Menggeliat

Tren tur spa dan wisata kesehatan global saat ini tengah menggeliat dan menjadi salah satu bentuk wisata masa depan yang makin diminati. Perkembangan ini makin menguat dengan pertumbuhan pariwisata kesehatan dunia yang cukup cepat.

Eropa dan Amerika Utara saat ini tengah diminati sebagai destinasi wisata kesehatan yang paling menonjol. Sedangkan di kawasan Asia, Jepang dan Singapura telah menjadi tujuan wisata khusus ini. Sementara Korea Selatan, Thailand, dan juga Malaysia juga tengah bencar mempromosikan bentuk wisata yang meningkat pesat pertumbuhannya ini.

Sejumlah analis memperkirakan bahwa pada beberapa tahun ke depan pertumbuhan wisata ini akan beralih ke kawasan Amerika Latin, Timur Tengah, Asia, dan sejumlah negara berkembang. Indonesia sendiri baru dua tahun yang lalu mempersiapkan program kerjanya melalui kerja sama yang dibangun antara Departemen Kesehatan dengan Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun sayangnya hingga pemerintahan Jokowi dilantik bentuk kongkret dari program itu belum terlihat ke luar.

Wisata Kesehatan

Pertumbuhan pariwisata kesehatan global selama ini memberikan kontribusi yang cukup besar sebagai wisata alternatif. Seperti dikutip dari Laporan Ekonomi Wisata Kesehatan Global, jenis wisata baru ini telah menghasilkan tak kurang dari 438,6 miliar dollar AS. Nilai ini mengindikasikan bahwa satu dari tujuh wisatawan internasional merupakan wisatawan yang memiliki tujuan khusus untuk kesehatan.

Sektor pariwisata ini memberikan sumbangan yang tidak kecil terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan yang menjadi destinasinya. Bahkan pada tahun 2012 saja, sumbangan wisata kesehatan secara global mampu menciptakan lapangan kerja baru sebanyak 11,7 juta dan memberikan dampak ekonomi yang menguntungkan sekitar 1,3 triliun dolar AS.

Tren yang terus menguat ini diperkirakan akan memberikan angka pertumbuhan sekitar 9 persen setiap tahunnya hingga tahun 2017 mendatang. Begitu juga pengeluaran wisatawan manca negara untuk sector wisata kesehatan pada tahun 2017 diprediksi juga akan meningkat menjadi 678,5 miliar dolar AS. Angka ini memperlihatkan tingkat pertumbuhannya yang mencapai hampir 50 persen.

Tren Tur Spa Dan Wisata Kesehatan di Asia

Perkembangan wisata kesehatan internasional yang pesat ditandai dengan kesipaan berbagai negara dan kawasan dalam membangun destinasi wisata seperti yang diinginkan para wisatawan. Singapura merupakan contoh destinasi pariwisata kesehatan modern yang memadukannya dengan tur spa dan pengobatan tradisional. Tak sedikit rumah sakit modern yang menyediakan fasilitas pengobatan herbal dan tradisional untuk memberikan nuansa yang unik dan pengalaman wisata yang berbeda.

Bebarapa Negara di Asia tampaknya juga tengah mempersiapkan diri untuk menangka peluang besar ini. Thailand dan Malaysia merupakan negara di Asia yang paling getol untuk mempromosikan destinasi baru mereka. Begitu juga India yang diperkirakan akan menjadi magnet baru destinasi wisata khusus ini pada tahun 2019. Saat ini saja India mampu membukukan margin keuntungan untuk sektor ini mencapai lebih dari 20 persen per tahun dan akan terus diraih sampai tahun 2017.

Sebuah laporan yang dikeluarkan The Global Wellness Tourism Economy Report dan dirilis pada tahun 2012 memperlihatkan data yang cukup menarik. Laporan itu menyebutkan bahwa kawasan Asia Pasifik menempati urutan ketiga sebagai pasar pariwisata kesehatan dunia, setelah Eropa dan kawasan Amerika Utara.

tur spa

Uniknya, urutan pertama negara yang dikunjungi wisatawan khusus ini justru Jepang dengan jumlah kunjungan mencapai 34,4 juta wisatawan yang mengeluarkan belanja tak kurang dari 28,6 miliar dolar AS. Sedangkan urutan kedua diraih Hongkong dengan 1,3 juta wisatawan dengan pengeluaran mencapai 2,2 miliar dolar AS.

Dengan melihat tren yang terus menggeliat ini, negara-negara di kawasan Asia juga tengah mempersiapkan diri untuk menyambut perubahan pertumbuhan pariwisata kesehatan dunia yang akan mengarah ke Asia. Kawasan yang dikenal dengan tradisi dan pengetahuan kesehatan selama ribuan tahun ini tentunya akan menjadi modal berharga dalam meraih besarnya peluang dan menjadi destinasi wisata kesehatan dunia yang memikat, semoga juga dengan Indonesia.

Gambar : flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...