Travelling / Hotel / Tips Memilih Hotel Jangan Karena Murahnya

Tips Memilih Hotel Jangan Karena Murahnya

Salah satu tips memilih hotel yang penting diperhatikan saat liburan atau pun melakukan perjalanan bisnis sebaiknya tidak terlalu tertuju pada harganya yang murah. Anda sebaiknya juga tidak langsung percaya dengan foto-foto dari internet atau dari media iklan tentang suasana hotel yang ingin anda pesan. Tak sedikit pengalaman wisatawan yang kecewa karena salah dalam memilih penginapan.

Pertimbangan setiap orang dalam memilih penginapan yang diinginkan saat liburan, traveling, ataupun melakukan perjalanan dinas memang berbeda-beda. Tak sedikit orang yang menganggap masalah akomodasi bukanlah hal yang penting dan menganggapnya hanya untuk tempat tidur dan mandi saja.

Padahal, perjalanan wisata, liburan maupun perjalanan bisnis merupakan aktivitas yang sangat melelahkan dan menyita tenaga yang tidak sedikit. Apalagi jika anda melakukan traveling ke sekian kota atau obyek tempat wisata secara berkelanjutan. Tanpa tersedianya akomodasi yang nyaman, bisa dipastikan liburan anda akan semakin melelahkan dan berat.

Memilih Hotel

Karena itulah sebaiknya anda tidak meremehkan soal akomodasi. Nah, berikut ini beberapa tips memilih hotel yang sebaiknya anda perhatikan agar perjalanan anda menyenangkan.

1. Kebutuhan terhadap Fasilitas

Faktor utama yang mesti diperhatikan saat memilih hotel adalah fasilitas yang disediakan. Jika anda melakukan perjalanan bisnis, maka fasilitas hotel yang menunjang kebutuhan bisnis anda sangatlah penting, seperti computer, jaringan internet, ataupun mesin faks.

Fasilitas kamar juga perlu diperhatikan, seperti ketersediaan AC, air panas untuk mandi, maupun bentuk kamar mandi. Begitu juga jika anda melakukan wisata liburan bersama anak-anak, maka kebutuhan terhadap peralatan dapur, jasa laundry, arena bermain, maupun keamanan area yang ada untuk anak-anak bisa menjadi pertimbangan anda.

Jika anda menginginkan akomodasi jenis cottages ataupun semacam guest house, pastikan juga fasilitas yang tersedia di dalamnya. Tak jarang liburan keluarga membutuhkan suasana hotel yang berbeda dengan lingkungan yang nyaman dengan keindahan alamnya.

2. Sesuaikan Harga dengan Kebutuhan

Memeriksa harga tarif suatu hotel juga merupakan hal yang mesti diperhatikan. Namun dalam menentukan masalah harga ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan anda secara menyeluruh dan bukan sekedar pada faktor murahnya. Sesuaikan juga soal harga dengan budget yang telah anda rencanakan dan pastikan agar tidak ada biaya tambah lainnya.

3. Pilih Lokasi yang Strategis dengan Kemudahan Akses

Masalah lokasi juga merupakan pertimbangan penting agar memudahkan anda dalam menjangkau berbeda obyek wisata yang ingin anda kunjungi. Jika anda buta dengan daerah yang akan anda kunjungi, anda bisa meminta bantuan google maps sehingga anda memiliki gambaran yang lebih detail teng lokasi hotel yang anda pilih. Termasuk menyangkut kemudahan akses terhadap berbagai lokasi wisata, tempat kuliner yang enak dan nyaman, jarak dengan pusat keramaian kota, beserta dengan jenis angkutan yang tersedia.

Cari juga informasi tentang keamanan sosial di sekitar lokasi hotel sehingga anda tidak akan mengalami masalah yang tidak terduga akibat ketidaktahuan soal lingkungan di sekitarnya.

Tips Memilih Hotel

4. Cek Validitas Informasi

Persaingan hotel dalam memperebutkan konsumen sudah sangat tinggi dan masing-masing pemilik hotel berusaha menarik minat masyarakat dengan berbagai cara. Sayangnya, foto iklan hotel sering lebih indah gambarnya daripada kenyataannya. Karena itulah tips memilih hotel yang tak kalah pentingnya adalah dengan memeriksa validitas informasi yang ada.

Ada banyak cara untuk mengecek kualitas sebuah hotel. Diantaranya dengan membaca review atau testimoni orang yang pernah menggunakannya, review dari website lain, minta saran atau masukan dari teman atau kolega, dan masih banyak lainnya. Termasuk diantaranya dengan menggunakan jasa biro perjalanan wisata.

Itulah berbagai faktor yang mesti diperhatikan dalam memilih hotel untuk traveling maupun perjalanan bisnis anda. Semoga tips memilih hotel yang cukup sederhana ini berguna dan memberikan anda referensi lebih lengkap dalam memilih penginapan yang tepat.

Foto Ilustrasi : Pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...