Travelling / Wisata / Tempat Wisata Setu Babakan dengan Kehangatan Betawi

Tempat Wisata Setu Babakan dengan Kehangatan Betawi

Kawasan wisata Setu Babakan merupakan representasi terbaik untuk mengenal lebih dekat dengan budaya Betawi. Kawasan perkampungan yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini memang didesain oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai kawasan pelestarian dan pengembangan budaya Betawi.

Nama Setu Babakan itu sendiri sebenarnya merupakan nama danau buatan seluas sekitar 30 hektar yang terdapat di kawasan itu. Setu berarti danau, meskipun juga berkaitan dengan istilah situ atau situs yang menjadi tujuan dibangunnya kawasan pengembangan adat dan tradisi kebudayaan Betawi tersebut.

Wisata Betawi Setu Babakan

Di kawasan ini anda juga akan menemukan sebuah perkampungan khas Betawi yang kaya dengan adat tradisi yang hendak dan senantiasa untuk dilestarikan. Rumah-rumah di perkampungan ini sangat khas Betawi dengan model bangunan yang didominasi unsur kayu yang begitu sejuk. Ada model rumah Kebaya atau Bapang, rumah gudang atau kandang, ataupun rumah Joglo. Apalagi dengan model teras untuk tempat bersantai atau bercengkerama yang menyiratkan sebuah sikap penerimaan yang sangat bersahabat terhadap setiap tamu yang datang.

Menyaksikan rumah-rumah khas Betawi di kampung Setu Babakan seperti mengingatkan kita dengan tayangan sinetron si Doel Anak Betawi yang begitu popular dan sangat digemari masyarakat itu. Dengan pelataran yang cukup luas di halaman depan, teras rumah pun berfungsi untuk bercengkerama bersama anggota keluarga atau tetangga, maupun untuk bermain anak-anak sambil berlesehan. Apalagi dengan banyaknya pepohonan besar di sekitar rumah menjadikan suasana terasa begitu menyenangkan.

Tempat Wisata Betawi Setu Babakan Jakarta

Jika anda datang ke tempat wisata Betawi Setu Babakan pada akhir pekan, maka anda akan dapat menyaksikan berbagai kegiatan kesenian yang digelar secara rutin. Ada pertunjukan Lenong, Tanjidor, Tari Topeng, Tari Lenggang Nyai, Tari Narojeng, Marawis, ataupun Gambang Kromong. Ada juga beberapa pemuda dan warga lain yang sedang berlatih silat Betawi.

Selain kegiatan rutin, terkadang juga diadakan kegiatan tradisi lainnya yang diselenggarakan pada waktu tertentu sesuai jadwalnya. Seperti penyelenggaraan upacara adat Penganten Sunat jika ada anak yang bersunat, atau tradisi Nujuh Bulan maupun upacara Pindah Rumah. Berbagai tradisi maupun upacara adat tersebut diselenggarakan dengan tahapan prosesi yang terpelihara dengan baik.

Setu Babakan Jakarta

Setelah berkeliling menyaksikan berbagai kekayaan budaya Betawi, anda pun dapat mencicipi berbagai makanan khas Betawi yang boleh dikata sangat lengkap. Bahkan mungkin beberapa kulier khas itu sudah tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Diantaranya ada kerak telor yang sangat popular, soto betawi, toge goreng, arum manis, rujak bebek yang pedas, ataupun nasi ulam atau nasi uduk. Sedangkan untuk minuman khasnya ada es duren, es potong, bir pletok, dan lain sebagainya.

Untuk dapat menikmati dan mengenal kekayaan tradisi dan budaya Betawi ini, pengunjung ternyata tidak dikenakan biaya sedikitpun kecuali sekedar untuk biaya parkir kendaraan. Anda juga dapat mengabadikan berbagai kenangan di kawasan budaya ini. Termasuk dengan mengenakan busana khas Betawi yang dapat disewa untuk sekedar berfoto. Di sini juga tersedia berbagai jenis souvenir khas Betawi yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Nah, sebelum anda pulang meninggalkan kawasan wisata Betawi Setu Babakan, anda juga dapat menikmati rekreasi yang tersedia di sekitar danau Setu Babakan yang cukup luas tersebut. Anda bisa mengajak anak-anak untuk naik perahu bebek, perahu naga, maupun bermain kano yang cukup menantang. Yang juga tak kalah menariknya, pengunjung juga bias menjangkau ke pulau buatan di tengah danau dengan berjalan melalui jembatan gantung yang bias memberikan sensasi yang berbeda.

Sedangkan bagi anda yang senang memancing, kawasan wisata yang terletak di perbatasan Jakarta dan Depok ini juga sangat nyaman dan menyenangkan untuk menyalurkan hobi tersebut. Nah, jika anda tertarik untuk datang ke kawasan wisata Setu Babakan ini, sebaiknya anda datang pada akhir pekan, yaitu hari Sabtu atau Minggu karena lebih banyak atraksi seninya.

Sumber gambar: images google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...