Travelling / Wisata / Taman Wisata Mekarsari, Surganya Buah Indonesia

Taman Wisata Mekarsari, Surganya Buah Indonesia

Jika anda ingin mencari buah asli Indonesia, datanglah ke Taman Wisata Mekarsari Bogor. Di tempat ini anda bisa menemukan apapun buah dari berbagai daerah di tanah air. Kawasan ini merupakan tempat wisata agro terbesar di Indonesia. Bahkan menurut Wikipedia, Mekarsari merupakan pusat pelestarian aneka buah-buahan tropika yang paling luas dan paling besar di dunia.

Fungsi utama Taman Mekarsari adalah sebagai pusat konservasi aneka jenis buah dan sayuran dari seluruh penjuru daerah di nusantara. Di tempat inilah berbagai jenis buah-buahan maupun sayuran Indonesia dilestarikan dan dikembangkan. Bahkan berbagai jenis tumbuhan langka juga terdapat di taman buah ini, seperti sawo kecik, bunga bangkai, buah kesemek, dan masih banyak lagi.

Taman Wisata Mekarsari

Dalam perkembangannya terutama untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk melihat dan mempelajari berbagaijensi buah dan tanaman asli Indonesia, maka mulai tahun 1995 Taman Buah Mekarsari diresmikan sebagai tempat wisata untuk asyarakat umum. Bahkan saat ini kawasan seluas 264 hektar ini telah menjelma menjadi sebuah tempat wisata modern dengan berbagai jenis wahana rekreasi yang menarik dan menyenangkan.

Daya Tarik Utama Taman Wisata Mekarsari

Lokasinya yang berada di jalan raya Cileungsi – Jonggol Kabupaten Bogor cukup strategis dan memudahkan masyarakat yang ingin datang ke tempat wisata ini. Diantaranya Mekarsari bisa dicapai dengan angkutan umum baik dari Jakarta, Bekasi, ataupun Bogor yang menuju ke jurusan Jonggol. Jika menggunakan mobil pribadi dari Bekasi bisa ditempuh menuju jalan Bekasi – Batar Gebang hingga ke perempatan Cileungsi kemudian belok kiri sekitar 2 km hingga di gerbang Taman Mekarsari.

Untuk bisa menikmati Taman Wisata Mekarsari, setiap pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 dimana yang Rp 10 ribu dimasukkan sebagai saldo dalam gelang RFID. Saldo ini nantinya bisa digunakan pengunjung untuk masuk ke berbagai wahana yang ada maupun untuk berbelanja buah atau sayuran. Sistem tiket masuk Mekarsari saat ini telah menggunakan sistem elektronik sehingga mengurangi antrian akibat banyaknya wisatawan yang seirng berkunjung ke tempat wisata ini.

Di tengah hamparan beragam jenis pohon buah dan sayuran dan udara Bogor yang sangat sejuk anda akan bisa menikmati suasana yang sangat menyenangkan. Apalagi jika anda datang bersama anak-aak dan keluarga di akhir pekan, selain untuk melepaskan kepenatan kerja wisata itu juga akan menjadi rekreasi yang sangat menyenangkan.

Anda pun dapat mengunjungi Family Garden atau Garden Center untuk menikmati berbagai tanaman yang ada. Anda juga bisa berjalan-jalan di Fruitwalk yang peuh dengan tanaman buah atau melihat dari dekat begitu mulusnya buah melon di Greenhouse Melon. Jika anda merasa lelah untuk menjangkau kawasan yang begitu luas, juga telah tersedia angkutan kereta lengkap dengan pemandu yang akan menjelaskan berbagai tanaman buah dan sayuran yang ada.

Ada berbagai wahana lainnya yang bisa anda kunjungi, seperti Baby Zoo, Rusa Tutul, taman Bunga Bangkai, Menara Pandang, ataupun Kids Fun Valley agar anak-anak bebas bermain. Setelah lelah berkeliling, anda pun bisa naik bebek-bebekan air atau perahu kano di sebuah danau rekreasi yang cukup luas atau pun menikmati air terjun di Puri Tirto Sari.

Taman Buah Mekarsari

Bagi anda yang tertarik untuk bertanam buah di rumah, anda pun dapat memlejarai cara atau teknik bertanam dengan berbagai jenis media tanam yang ada di Taman Wisata Mekarsari. Dari model tabulampot alias tanaman buah dalam pot, media hidroponik, hingga teknik aeroponik.

Sebelum pulang, rasanya akan rugi jika anda tidak mencicipi dan membawa oleh-oleh buah-buahan atau sayuran segar yang bisa dipetik langsung dari pohonnya. Bahkan di Garden Paradiso anda bisa membeli berbagai jenis koleksi bonsai yang unik dan menarik dengan harga yang tidak terlalu mahal. Beragamnya tanaman buah dan sayuran yang ada dan rekreasi di berbagai wahana yang tersedia di Taman Wisata Mekarsari yang sangat menyenangkan akan membuat anda merasa ingin untuk kembali ke sini nantinya.

Gambar:mekarsari.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...