Travelling / Lain-lain / Siapkah Kita Menyambut Wisata Religi dan Wisata Syariah?

Siapkah Kita Menyambut Wisata Religi dan Wisata Syariah?

Wisata religi atau wisata syariah diperkirakan akan mengalami peningkatan yang amat tajam pada beberapa tahun ke depan. Tampaknya pemerintah cukup gesit dalam menangkap peluang dan tren pariwisata muslim ini dengan diaturnya ketentuan tentang aspek syariah dari sektor wisata ini. Apalagi negara kita memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia sehingga sudah seharusnya memiliki ketentuan dan aturan yang jelas tentang jenis wisata khusus ini.

Bahkan dengan potensi berupa besarnya jumlah penduduk muslim, Indonesia kabarnya juga tengah menjadi incaran para traveler dunia sebagai destinasi wisata syariah yang utama. Wisata alamnya yang memiliki panoramanya yang luar biasa, keragaman budayanya yang sangat menawan, maupun keramahan dan keterbukaan masyarakatnya terhadap para wisatawan merupakan modal besar yang menjadi unggulan utama sektor wisata khusus ini.

wisata syariah

Ketentuan atau aturan pemerintah menyangkut wisata religi maupun wisata syariah kabarnya baru saja diselesaikan. Pembuatan aturan ini dilakukan menyusul kampanye wisata minat khusus syariah yang memang baru dilakukan sejak tahun 2012 yang lalu. Ketentuan ini setidaknya akan mencakup tiga aspek, yaitu biro perjalanan wisata, restoran, serta spa.

Potensi Pasar Wisata Religi dan Wisata Syariah

Potensi traveler muslim ternyata memang sangat besar. Jika pada tahun 2012 saja anggaran wisata yang dikeluarkan para wisatawan muslim mencapai Rp 150 triliun, maka dalam beberapa tahun ke depan diperkirakan jumlah itu akan meningkat 50 persennya. (baca tulisan sebelumnya tentang Anggaran Wisata Turis Muslim).

Pertumbuhan ekonomi di negara-negara Islam, terutama yang tergabung dalam organisasi OKI mencapai angka yang cukup tinggi, yatu sekitar 9,6 triliun dolar AS. Angka ini berada persis di bawah pendapatan Amerika Serikat yang mencapai 16 triliun dolar AS.

Selain itu, saat ini ada sebanyak 56 persen warga muslim di seluruh dunia berada dalam masa produktif dengan orientasi yang juga mengalami perubahan dari muslim tradisional menuju muslim futuris yang terbuka dan membutuhkan perjalanan wisata. Menariknya, saat ini wisatawan mancanegara dari negara-negara Barat juga lebih tertarik dengan kegiatan wisata yang berhubungan dengan berbagai hal yang bernuansa back to nature dan halal.

Nah, dalam rangka untuk memacu pertumbuhan ekonomi wisata syariah di tanah air, sejumlah daerah juga telah mempersiapkan diri untuk menjadi destinasi wisata syariah yang menyenangkan. Menurut data dari Departeme Pariwisata, saat in saja setidaknya sudah ada sekitar 13 daerah yang telah menjadi destinasi wisata yang paling ramah Muslim. Diantaranya DI Yogyakarta, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Bali.

Penentuan destinasi wisata yang ramah muslim ditentukan berdasarkan berbagai factor, utamanya kehalalan dari makanan, akomodasi atau hotel syariah, maupun fasilitas lainnya yang disediakan. Bali juga telah masuk kategori destinasi yang ramah Muslim karena dinilai tak sulit mencari dan menemukan makanan halal maupun masjid di Pulau Dewata ini.

wisata religi

Gairah Indonesia dalam memacu pertumbuhan wisata religi ini tampaknya bersambut dengan ditunjuknya negara kita sebagai tuan rumah World Islamic Tourism Mart (WITM) pada akhir bulan Oktober 2014 ini. Selama ini WITM beberapa kali dilaksanakan di Malaysia dan negara Timur Tengah dan belum pernah sekalipun Indonesia dipercaya sebagai penyelenggara.

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan wisata muslim tingkat dunia itu diharapkan dapat menegaskan kesiapan negara kita dalam menangkap tren wisata muslim yang makin menguat tersebut. Apalagi potensi Indonesia juga sangat besar dengan banyaknya destinasi wisata syariah maupun wisata religi yang begitu menarik.

Gambar;flickr-google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...