Travelling / Wisata / Seputar Mitos Gunung Kemukus

Seputar Mitos Gunung Kemukus

Mitos Gunung Kemukus

Gunung Kemukus

Anda tentunya pernah mendengar tentang mitos Gunung Kemukus. Benar, keberadaan gunung yang terletak di Sragen, Jawa Tengah ini lebih sering dikaitkan dengan aktivitas mesum ketimbang aspek wisatanya. Akibatnya, orang yang bermaksud murni untuk berwisata kadang merasa sungkan berkunjung ke obyek wisata itu karena khawatir dianggap mempunyai maksud tertentu yang berbau minor tersebut.

Mitos yang tak jelas sumbernya ini sering mengaitkan Gunung Kemukus dengan keberadaan Pangeran Samudra. Kabarnya, putra Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit yang berkuasa pada abad 13 M itu menjadikan Gunung Kemukus sebagai tempat pelariannya setelah diusir ayahandanya karena mencintai salah seorang selir Raja yang bernama Raden Ayu Ontrowulan.

Terlepas dari kebenaran mitos maupun cerita yang ada, Gunung Kemukus merupakan salah satu obyek wisata yang cukup terkenal, terutama bagi masyarakat di sekitar Jawa Tengah. Jumlah pengunjungnya pun cukup besar, bahkan bisa mencapai puluhan ribu orang terutama pada malam Jumat Kliwon dan malam Jumat Pon setiap bulan Syuro.

Indahnya Gunung Kemukus

Gunung yang terletak di Desa Pendem Kecamatan Sumberlawang ini sebenarnya lebih berupa perbukitan yang berada di tengah waduk Kedung Ombo. Saat waduk penuh air, maka untuk mencapai lokasi kita harus menggunakan rakit atau perahu kecil untuk menyeberang.

Di kaki bukit ini terdapat sebuah sumber mata air yang sangat jernih dan sejuk. Sebelum naik ke bukit, kabarnya wisatawan yang datang diminta untuk membersihkan diri atau bersuci terlebih dahulu di sendang yang dikenal bernama Sendang Ontrowulan itu. Tidak sedikit pula wisatawan yang beristirahat sejenak di sekitar sendang ini sebelum melakukan wisata ziarah ke atas bukit.

Dari segi alamnya, sesungguhnya pemandangan yang tersaji sangat indah. Dari atas bukit itu Anda dapat menikmati pemandangan alam yang cukup menawan. Diantaranya Anda dapat menikmati waduk Kedung Ombo yang cukup luas maupun keindahan alam perbukitan Kemukus. Pepohonan Jati yang begitu besar dan tumbuhan raksasa beragam jenis banyak terdapat di kawasan wisata itu.

Selain itu Anda juga dapat menyaksikan berbagai jenis burung yang menarik. Kalau beruntung, Anda juga dapat menemukan dan melihat berbagai jenis burung langka dengan warna-warni yang begitu menawan. Rasanya sayang bila Anda berkunjung ke Jawa Tengah tanpa mampir ke kawasan wisata itu tanpa perlu terusik dengan mitos Gunung Kemukus.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. INDONESIA EMANG SURGANYA BAGI ORANG YANG SUKA TRAVELING YA BOOSSS…!

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...