Travelling / Wisata / Seawalker Bali, Serunya Petualangan Bawah Laut

Seawalker Bali, Serunya Petualangan Bawah Laut

Wisata Seawalker Bali mungkin termasuk salah satu jenis petuangan yang belum banyak dirasakan para wisatawan. Sebab selama ini wisatawan yang datang ke Bali masih banyak yang terjebak dengan wisata domestik berupa candi atau pura, kawasan pantai, pegunungan, ataupun dengan mengunjungi musem atau tempat budaya lainnya.

Pulau Dewata memang dikenal sebagai daerah tujuan wisata utama di Indonesia. Berbagai obyek dan tempat wisata maupun jenis wisata boleh dikata semuanya ada di provinsi ini. Selain keragaman maupun kelengkapan obyek wisata yang ada, fasilitas dan sarana wisata yang tersedia juga terbilang lengkap dan sangat variatif. Karena itu wajar jika jutaan wisatawan datang ke daerah ini setiap tahunnya.

seawalker bali

Salah satu keunggulan wisata di Bali adalah keindahan pantainya yang luar biasa. Pantai-pantai di kawasan ini umumnya memiliki pasir putih yang lembut dan menawan. Pemandangan alam pantai dan lautnya yang memikat membuat banyak wisatawan asing yang menghabiskan waktu dengan berlama-lama di pantai dengan berjemur. Apalagi saat matahari terbenam atau sunset yang menciptakan panorama luar biasa menjadi momentum yang sangat favorit bagi para wisatawan.

Daya tarik wisata bahari Bali yang luar biasa inilah yang disadari para pelaku wisata dengan menyediakan berbagai faslitas yang menyenangkan. Diantaranya ada berbagai jenis permainan water sport, seperti jet sky, banana boat, speed boat, para layang, dan sebagainya.

Itulah berbagai jenis fasilitas permainan di atas laut yang bisa dengan bebas dipilih para wisatawan yang menginginkannya. Sedangkan untuk pengunjung yang suka menyelam juga tersedia beragam sarana diving atua snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut Bali yang juga dikenal sangat menakjubkan.

Panorama bawah laut di berbagai pantai di Bali memang terkenal sangat indah dan menawan. Terumbu karangnya yang masih natural dan belum terjamah ulah manusia, ikannya yang berwarna-warni, maupun berbagai jenis binatang laut menyajikan pemandangan luar biasa bak sorga dunia yang perlu dinikmati dan dirasakan.

Lantas bagaimana dengan wisatawan yang tak bisa berenang dalam menikmati berbagai karya ciptaan Tuhan tersebut? Kenyataan sekaligus peluang inilah yang kemudian melahirkan ide kreatif untuk menyediakan sarana wisatawa menyelam bagi wisatawan yang tidak berenang. Fasilitas itu adalah Seawalker Bali.

Astronot Air ala Sea Walker Bali

Seawalker Bali atau Bali Seawalker merupakan sarana menyelam ke dalam dasar laut dengan menggunakan pakaian yang dirancang khusus. Lokasi yang dipilih untuk sarana ini adalah di ssekitar Pantai Sanur. Bentuk pakaian ini mirip dengan baju astronot dimana pakaian yang menutup badan dibuat rapat dengan bahan anti air yang cukup kuat. Sedangkan untuk bagian kepala tersedia sebuah helm yang terbuat dari kaca seperti helm astronot. Helm ini terhubung dengan bajunya dengan rapat dan tidak akan tertembus air.

Pada baju seawalker ini terhubung dengan sebuah pipa yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen agar pengguna dapat bernafas di dalam air. Untuk memudahkan berjalan di dasar laut juga dilengkapi dengan sepatu boot. Mungkin bobot peralatan yang cukup berat ini yang membuat wisatawan yang mengenakannya akan lebih mudah berjalan dalam air.

wisata seawalker bali

Sebelum wisatawan menuju lokasi dasar laut yang dituju, biasanya diberikan briefing oleh pemandu tentang factor keamanannya. Setelah itu peserta akan diantar ke titik lokasi yang disebut pontoon dan diturunkan dengan menggunakan kapal yang telah disediakan. Mungkin dengan adanya risiko keamanan itulah, tidak sembarang pengunjung dapat menikmati fasilitas ini. Syarat itu diantaranya usia pengguna minimal 9 tahun dengan tinggi badan setidaknya di atas 140 centimeter.

Dengan mengenakan pakaian khusus inilah wisatawan dapat bebas berjalan sambil menikmati panorama dasar laut yang sangat menakjubkan. Dengan durasi sekitar 30 menit, wisatawan pun dapat bercanda dengan ikan berwarna-warni yang mungkin akan menari di depan mata. Namun sayangnya, untuk dapat menikmati fasilitas wisata Seawalker Bali, seorang wisatawan harus merogok kocek yang cukup dalam karena harga sewanya sekitar Rp 500 ribu untuk sekali sewa.

Sumber foto: images-google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...