Travelling / Wisata / Petualangan Wisata Jogja Goa Pindul

Petualangan Wisata Jogja Goa Pindul

Wisata Jogja Goa Pindul belakangan sedang naik daun sebagai wisata cave tubing yang menarik. Obyek wisata yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menyajikan suatu petualangan yang terbilang unik dan jarang ditemukan di tempat lain. Anda yang senang dnegan petualbngan alam, pasti akan menyukai rekreasi yang satu ini.

wisata jogja gua pindul

Wisata Gua Pindul (ft. Pemprov DIY)

Di kawasan ini, para wisatawan akan diajak mengarungi sungai sepanjang 300 meter yang terletak di bawah tanah. Mungkin bukan di bawah tanah dalam pengertian yang sebenarnya melainkan di bawah goa yang terdapat di perbukitan yang ada di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul tersebut. Selain itu, dalam menyusuri sungai itu tidak menggunakan perahu melainkan dengan menggunakan ban pelampung

Dengan membayar Rp 30 ribu anda akan duduk di ban pelambung sambil dikawal seorang pemandu yang akan menyusuri Goa Pindul yang agak gelap atau remang. Ban pelampung akan mengalir mengikuti aliran sungai menuju muara. Asyiknya petualangan ini akan terasa sejak mulai memasuki goa yang agak gelap.

Dalam penyusuran selama sekitar 1 jam itu, pelancong akan melalui sekitar 7 goa yang terdapat di bawah bukit Pindul tersebut. Namun untuk menghindari rasa takut, setiap rombongan biasanya diikuti minimal 5 orang dengan 5 pelampung. Dengan aliran sungai yang tenang, pelancong akan menyaksikan langit-langit goa yang menyeramkan, yang tak jarang diwarnai dengan kelelawar yang beterbangan. Kita pun merasa seperti tengah berjalan di perut bumi yang spektakuler.

Petualangan makin terasa mengasyikkan karena kita juga dapat melihat panorama yang sungguh luar biasa dari pantulan sinjar matahari yang menerobos di sela-sela celah goa. Stalagtit yang terdapat di langit-langit goa pun dapat terlihat dengan cukup jelas dan seakan menyiratkan misteri.

Menurut cerita sang pemandu, goa-goa tersebut berkaitan dengan kisah pengembaraan Joko Singlulung dalam mencari ayahnya yang hilang. Setelah mengembara, kabarnya, Joko Singlulung sampai di goa tersebut dan terbentur batu sehingga dinamakan Goa Pindul (alias pipi gebendul atau pipi yang terbentur).

Petualangan wisata yang memadukan body rafting dan caving itu terasa menyenangkan. Apalagi wisata ini terbilang aman, bahkan untuk anak-anak hingga orang tua dapat mengikutinya. Petualangan wisata Jogja Goa Pindul kini sedang diminati sebagai petualangan yang mengasyikkan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...