Travelling / Wisata / Museum MURI, Koleksi Catatan Rekor Dunia di Indonesia

Museum MURI, Koleksi Catatan Rekor Dunia di Indonesia

Siapa tak kenal Museum MURI yang merupakan kepanjangan dari Museum Rekor Dunia Indonesia. Lembaga yang sebelumnya bernama Museum Rekor Indonesia ini merupakan institusi pertama dan mungkin satu-satunya di Indonesia yang mencatat berbagai prestasi superlatif yang spektakuler. Bukan hanya rekor Indonesia saja yang tercatat di sini namun juga rekor dunia yang dilakukan oleh putra-putri Indonesia.

Museum MURI didirikan oleh Jaya Suprana dengan dukungan dari perusahaan PT Jamu Jago pada tanggal 27 Januari 1990. Museum yang berlokasi di kawasan industri Jamu Jago di Srondol Semarang ini memiliki luas bangunan 600 meter persegi yang menyimpan berbagai bukti dokumen tentang prestasi pemecahan rekor yang telah berhasil dilakukan.

Museum Muri

Jika anda datang untuk berkunjung ke gedung megah berlantai dua itu, anda akan disambut seekor ayam jago yang bertengger di halaman depan gedung. Ini bukan ayam beneran melainkan patung ayam jago yang merupakan ikon dari perusahaan Jamu Jago yang mendukung operasional dan keberlangsungan lembaga itu.

Di dalam bangunan museum itu antara digunakan untuk ruang pameran untuk menampilkan berbagai data, foto-foto, maupun slide dari berbagai rekor yang berhasil dipecahkan dan dicatat oleh Museum MURI serta balai pertemuan.

Di gedung ini juga terdapat ruang ekshibisi yang menampilkan arsip foto-foto, dokumentasi, maupun berbagai peralatan pembuatan jamu yang masih tradisional. Bahkan jamu sampel yang diproduksi di tahun-tahun awal pendirian pabrik maupun jamu simplisia dari Jamu Jago juga tersimpan di sini. Selain itu juga terdapat berbagai benda bersejarah industri jamu lainnya.

Sesuai namanya, ruang ekshibisi Museum Jamu Jago memang menyatu dengan MURI yang sekaligus difungsikan untuk memperlihatkan sejarah perkembangan industri jamu Indonesia sejak dahulu. Berbagai peralatan yang ditampilkan ini pernah digunakan oleh perusahaan Jamu Jago yang dikenal sebagai perusahaan obat herbal pertama di Indonesia yang didirikan di Wonogiri, Jawa Tengah oleh TK Suprana pada tahun 1918.

Ragam Koleksi Museum MURI

Di dalam museum ini tercatat tak kurang dari 1.200 rekor, baik skala nasional maupun dunia, yang telah berhasil ditorehkan putra dan putri Indonesia. Jumlah itu saja berdasarkan catatan hingga bulan Juli 2005 yang tentunya telah bertambah panjang catatan itu hingga saat ini. Anda mungkin akan membutuhkan waktu seharian untuk melihat berbagai dokumentasi dari prestasi terbaik itu.

Diantaranya mungkin anda akan tersenyum kagum dengan adanya sebuah lipstick raksasa yang telahberhasil memecahkan rekor sebagai lipstik terbesar di Indonesia dengan tinggi mencapai 3 meter. Juga ada sebuah lukisan dengan ukuran 2,44 x 1,87 meter yang menampilkan gambar wajah Ciputra, seorang tokoh pengusaha. Yang unik, lukisan itu tidak dibuat dengan cat minyak melainkan berupa paku-paku yang beratnya hingga 1,5 kuintal yang disusun membentuk gambar.

Mengelilingi ruang pameran seakan kita diajak untuk menyaksikan dan turut menjadi saksi terhadap berbagai rekor yang berhasil dipecahkan oleh orang-orang Indonesia. Meskipun mungkin kita tidak datang saat rekor-rekor itu terpecahkan, namun bukti foto dan dokumentasi yang ada dan tersimpan di Museum MURI cukup mewakili rasa penasaran kita.

Catatan Rekor Dunia

Jika anda belum pernah berkunjung ke MURI, tampaknya anda perlu membuat jadwal untuk segera mengunjunginya guna menyaksikan langsung bukti otentik kehebatan anak bangsa ini. Museum yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB, sedangkan hari Sabtu dan Minggu libur.

Dengan berkunjung ke museum ini anda tidak saja akan terpana, namun juga akan merasa kagum dan bangga dengan berbagai prestasi superlatif yang telah berhasil ditorehkan. Siapa tahu, dengan mengunjungi Museum MURI atau Museum Rekor Dunia Indonesia ini anda akan terinspirasi untuk bisa memecahkan rekor yang ada atau menciptakan suatu karya baru yang tak kalah hebatnya.

Sumber gambar : muri.org

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...