Travelling / Wisata / Menikmati Wisata Gunung Bromo

Menikmati Wisata Gunung Bromo

Anda pernah melakukan wisata Gunung Bromo? Bila belum, sebaiknya anda rencanakan sejak awal. Sebab, Gunung atau Pegunungan Bromo merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia dan terkenal sebagai wisata alam yang sangat mengasyikkan. Bukan hanya wisatawan domestik saja yang banyak berkunjung ke sini, wisatawan asing pun tak sedikit yang senang dengan panorama indah di kawasan Bromo.

Wisata Gunung Bromo

Gunung Bromo

Pegunungan Bromo terletak di wilayah perbatasan dari 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Di kawasan ini terdapat sejumlah gunung berapi aktif, seperti Gunung Batok, Gunung Kursi, Gunung Pananjakan, Gunung Widodaren, Gunung Watangan, serta Gunung Bromo.

Dibandingkan gunung-gunung lain di sekitarnya, puncak Gunung Bromo justru yang paling rendah, yaitu hanya sekitar 2.392 meter. Namun di puncak Bromo inilah yang membuat pemandangan terlihat menarik dengan adanya kawah besar dengan diameter mencapai 800 meter. Dari kawah ini biasanya muncul asap belerang yang sangat menyengat bila gunung tengah aktif.

Selain itu, daya tarik wisata Gunung Bromo adalah pada suatu ngarai atau padang pasir yang amat luas. Luas padang pasir ini mencapai 10 km persegi dan merupakan satu-satunya gunung berapi yang memiliki ngarai dengan padang pasir terluas di Indonesia. Hal ini agak berbeda dengan gunung api lainnya dimana pasir sebagai hasil aktiftas vulkanis dan letusannya umumnya turun lewat lereng gunung dan tak jarang menerjang pemukiman warga yang ada di bawahnya.

Wisata Tengger Bromo

Kawasan wisata Gunung Bromo juga dikenal sebagai kawasan Tengger dengan adanya suku Tengger yang tinggal sebagai penduduk asli di kawasan itu. Warga Tengger adalah penganut Hindu, dan kabarnya nama Bromo yang berasal dari Bahasa Sansekerta yang bermakna Brahmana, dewa tertinggi dalam agama Hindu. Karena itulah warga Tengger selalu mengadakan tradisi adat yang bernama upacara Kasodo. Tradisi ini dilakukan setiap tahun sekali untuk memberikan sesajian yang diarak seluruh warga Tengger ke puncak Gunung Bromo.

Panorama lainnya yang juga tak kalah indahnya adalah panorama di batas cakrawala yang dilihat dari puncak Gunung Pananjakan. Untuk mencapai puncak gunung tertinggi dikawasan pegunungan Bromo adalah dengan melalui ngarai pasir tersebut. Banyak wisatawan yang ingin mencapai puncak gunung ini untuk dapat melihat sunset maupun sunrise. Apalagi pemandangan yang terlihat di puncak ini sungguh luar biasa dan sangat menakjubkan. Itulah keindahan wisata Gunung Bromo.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra

    Kalau mau ke bromo cobalah lewat malang melalui tumpang..dijamin viewnya mantaf…..

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...