Travelling / Wisata / Menikmati Eksotisme Pulau Dodola Morotai

Menikmati Eksotisme Pulau Dodola Morotai

Pulau Dodola Morotai bisa jadi akan melengkapi deretan khasanah kekayaan alam yang begitu luar biasa di kawasan barat Indonesia. Pulau yang terletak di Maluku Utara ini bukan hanya indah dengan panorama alamnya yang luar biasa, bahkan sangat layak disebut sebagai surga yang tersembunyi. Sebuah anugerah keindahan kawasan bahari yang terbilang lengkap.

Pulau Dodola Morotai sebenarnya terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar. Uniknya, kedua pulau ini hanya dipisahkan oleh sebuah gundukan palung yang membentuk jalan pasir yang biasanya menyembul ataupun tak terlihat tergantung air pasang naik atau pasang surut dari air lautnya.

Pulau Dodola Morotai

Untuk mencapai kawasan pulau yang tak berpenghuni juga tidak terlalu sulit. Perjalanan bisa ditempuh dari Tobelo yang menuju Daruba, yang untuk menuju Pulau Dodola mesti dilanjutkan dengan menggunakan speedboat dengan waktu perjalanan tak lebih dari setengah jam.

Setelah tiba di pulau yang terletak di sebelah barat dari Pulau Morotai ini anda akan disuguhi dengan hamparan pasir putihnya yang begitu lembut. Saat kaki menginjak di pasir pantai, telapak kaki pun membentuk bekas pijakan dengan sempurna. Begitu juga saat pandangan mata menyapu ke sekeliling pepohonan di sekitarnya seakan menemukan keteduhan sebuah kawasan yang merindu. Hijau nan indah dengan permukaan air laut yang hijau kebiruan. Keindahan alam pantai ini seakan tak ada habisnya untuk dinikmati sambil berbaring di pasir pantainya yang begitu lembut.

Keelokan kawasan wisata Pulau Dodola Morotai makin menakjubkan dengan eksotisme pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Jika anda menyempatkan untuk berkunjung dan melakukan diving di pantai ini, maka anda akan menemukan pemandangan terumbu karang yang begitu perawan dengan berbagai ikan dan binatang lautnya yang berwarna-warni.

Bahkan kabarnya ada 13 titik penyelaman di tempat ini yang akan memberikan pengalaman seru dan tak terlupakan. Bahkan jika anda beruntung, anda akan menemukan bangkai kapal maupun pesawat terbang yang pernah karam di sekitar dasar laut di kawasan ini. Menurut informasi dari Pemkab Morotai, kawasan Pulau Dodola Morotai ini memang pernah menjadi saksi bisu sekaligus tempat berlangsungnya pertempuran sengit pada masa Perang Dunia kedua, terutama antara tentara Jepang dengan pihak sekutu.

Sumber foto: Pemkab Morotai

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...