Travelling / Wisata / Kengerian di Museum Gunung Merapi

Kengerian di Museum Gunung Merapi

Jika anda ingin melihat dahsyatnya gunung meletus, datang saja ke Museum Gunung Merapi Yogyakarta. Letusan gunung berapi merupakan bencana alam yang luar biasa. Bukan saja dari segi proses alaminya yang menimbulkan gemuruh bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya, namun lelehan lava pijarnya yang merah membara juga begitu luar biasa dilihat saat malam hari.

Dahsyatnya letusan gunung berapi juga dapat dilihat dari dampak kerusakan yang ditimbulkannya. Ratusan atau bahkan ribuan penduduk yang tinggal di sekitar gunung tewas mengenaskan akibat bencana alam tersebut. Rumah maupun gedung pun luluh lantak tinggal puing-puing dan rangka. Tak terhingga harta dan kerugian yang ditimbulkan bencana alam itu.

Ya, di Museum Gunung Merapi Yogyakarta anda akan dapat menyaksikan bagaimana proses terjadinya letusan gunung maupun berpijarnya lava merah membara saat meleleh. Dari museum ini pula anda dapat membayangkan efek wedhus gembel atau awan panas yang luar biasa dahsyat maupun dampak kerusakan yang ditimbulkannya. Di museum ini pula anda dapat menyaksikan dan mempelajari lebih detail tentang fenomena alam itu tanpa perlu menunggu terjadinya gunung meletus.

Uniknya Arsitektur Museum Gunung Merapi

Museum yang didirikan dan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 itu terletak di Jalan Kaliurang Km 23, Pakem, Kabupaten Sleman, sekitar 500 meter sebelum pintu gerbang kawasan Taman Wisata Kaliurang. Bangunan museum yang berwarna putih keperakan dengan model arsitektur modifikasi limasan tidak beraturan merupakan ciri khas museum ini.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi (Ft. Pemkab Sleman)

Kabarnya, konsep arsitektur ini merupakan perpaduan konsep teknologi dengan model tradisional yang dibangun berdasarkan filosofi dengan mengikuti garis imajiner terpadu, dari Gunung Merapi, Tugu, Keraton Yogyakarta, dan Laut Selatan. Museum yang didirikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ini berdiri di atas tanah seluas 3,5 hektar dengan luas bangunan sekitar 4.470 meter persegi.

Museum Gunung Merapi memiliki beberapa bangunan yang masing-masing berisi berbagai hal tentang kegunungapian. Saat memasuki bagian utama museum yang berbentuk kubah besar anda akan langsung melihat miniatur Gunung Merapi dalam ukuran besar yang hampir memenuhi ruangan.

Miniatur Gunung Merapi yang tengah mengeluarkan lava pijar berwarna merah dengan detail hutannya yang sebagian gundul disapu lelehan lava terlihat begitu realistis. Di samping miniature itu juga ada tombol yang bila ditekan akan mengeluarkan suara gemuruh gunung yang tengah menggeliat.

Sedangkan di bangunan lain anda juga dapat melihat diorama dan berbgai foto dokumenter tentang bencana Gunung Merapi yang pernah terjadi. Sejumlah benda atau barang yang rusak akibat diterjang wedhus gembel juga dipajang, seperti motor yang tinggal rangka. Di Museum Gunung Merapi Yogyakarta ini juga diperlihatkan berbagai peralatan pengamatan dan deteksi aktivitas gunung berapi, seperti seismograf, komputer kuno, radio, dan peralatan yang biasa digunakan di pos pengamatan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...