Travelling / Wisata / Keindahan Wisata Danau Kelimutu Yang Unik

Keindahan Wisata Danau Kelimutu Yang Unik

Anda pernah berkunjung ke kawasan wisata Danau Kelimutu? Dibandingkan berbagai danau kawah gunung lainnya yang ada di Indonesia, Danau Kelimutu terbilang yang paling unik. Di danau yang berada di puncak Gunung Kelimutu yang terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini terdiri 3 danau terpisah yang masing-masing mempunyai warna yang berlainan.

Wisata Danau Kelimutu

Popularitas danau tersebut ternyata telah menyebar luas hingga ke luar negeri. Tak sedikit wisatawan yang telah mengetahui hal tersebut, karena kabarnya danau ini pernah masuk dalam deretan nominasi keajaiban dunia yang menarik. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan asing yang datang untuk menyaksikan sendiri keunikan dan keindahan danau gunung itu, terutama pada waktu musim liburan turis.

Danau Kelimutu yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu itu terdri dari 3 danau berukuran besar. Warna danau tersebut akan berubah-ubah dari warna hijau giok menjadi hitam pekat dan berubah menjadi coklat, atau biru pekat. Fenomena ajaib ini tentunya makin menambah keindahan Danau Kelimutu sebagai sebuah objek wisata.

Masyarakat setempat mempunyai nama yang disematkan pada tiga danau tersebut, yaitu danau Tiwu Ata Mbupu yang ada di sebelah kiri dan dipercaya sebagai persinggahan arwah-arwah orang tua, dan dua danau di sisi kanan yang dipisahkan tebing tipis dan diberi nama Tiwu Nuwa Muri Ko’o Fai yang dipercaya sebagai tempat persemayaman arwah muda-mudi, serta danau Tiwu Ata Polo yang dipercaya sebagai tempat bersemayamnya arwah dan roh orang-orang jahat.

Untuk dapat mengunjungi tempat wisata Danau Kelimutu, pengunjung umumnya menginap terlebih dahulu di Kampung Moni dan naik ke puncak gunung menjelang pagi. Kampung ini juga dikenal menyediakan penginapan atau homestay di rumah-rumah warga serempat. Tak sedikit pula warga setempat yang membuka warung atau menjual berbagai kebutuhan wisatawan saat mengunjungi tempat wisata tersebut. Tampaknya keindahan objek wisata ini telah memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

Perjalanan untuk mencapai danau tiga warna tersebut ditempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam. Itupun dengan menggunakan kendaraan yang dapat disewa di sekitar Kampung Moni. Selama perjalanan menuju puncak gunung, anda juga dapa mneikmati pemandangan alam yang tak kalah indahnya. Mungkin benar bahwa kawasan wisata Danau Kelimutu termasuk salah satu objek wisata terindah di Indonesia.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. wah benar indah sekali…

    yuk gabung bersama kami
    Dunia Wisata Tour Organizer
    call 0341-456444
    web http://www.duniawisataku.com
    Enjoy travelling wit us!!

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...