Travelling / Wisata / Kawah Putih Ciwidey, Wisata Bandung yang Indah

Kawah Putih Ciwidey, Wisata Bandung yang Indah

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu wisata Bandung yang sangat indah. Objek wisata ini merupakan suatu danau yang terbentuk dari hasil letusan Gunung Patuha. Belerang dari lelehan lava gunung yang bercampur dengan tanah menjadikan tanah di kawasan ini juga berubah putih. Yang menarik, air danau kawah tersebut sering berubah-ubah meski lebih sering ke arah putih kehijauan.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih ini terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat atau tepatnya di Jl. Raya Soreang Ciwidey atau sekitar 25 km dari ibu kota Kabupaten Bandung. Keindahan panorama alamnya yang sangat mempesona menjadikan kawasan ini sangat popular dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Bahkan tak sedikit wisatawan asing yang terlihat juga mengunjungi lokasi itu.

Dibandingkan obyek wisata pegunungan lainnya, Kawah Putih Ciwidey memang unik. Seluruh tanah yang terhampir di sekitar danau berwarna putih. Lokasinya yang berada di tengah pohon-pohon besar klhas pegunungan makin meningkatkan pesona panorama yang ada.

Lokasi objek wisata Bandung ini memang berada agak di ujung Kabupaten Bandung. Meski demikian untuk menuju ke lokasi tersebut tidaklah sulit. Selain bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, tak sedikit pula kendaraan umum yang menuju ke lokasi wisata tersebut.

Bagi anda yang datang dari luar Bandung, anda dapat melalui jalur pintu keluar Tol Kopo menuju Sayati terus ke Soreang untuk berlanjut menuju ke Ciwidey. Untuk jalur alternatif lainnya adalah melalui jalur tol Buah Batu. Sedangkan jika anda menggunakan kendaraan umum, pilih saja angkutan yang menuju ke Terminal Leuwi Panjang dan pilih angkutan yang menuju ke terminal Ciwidey dan terus ke lokasi kawasan Kawah Putih.

Untuk memasuki Kawah Putih setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 15 ribu untuk wisatawan domestik dan Rp 30 ribu untuk wiosatawan asing. Setelah masuk, anda masih harus berjalan sejauh 5 km menuju ke puncak. Namun kalau anda tak ingin pegal kaki, anda dapat memanfaatkan layanan transpotasi yang ada dengan membayar sekitar Rp 10 ribu.

Selain popular dengan Kawah Putih-nya, daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur ini juga terkenal sebagai penghasil produk-produk perkebunan maupun pertanian karena kesuburannya. Dengan adanya Kawah Putih Ciwidey, objek wisata Bandung ini ikut membantu meningkatkan aktivitas ekonomi daerah.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...