Travelling / Wisata / Istana Maimun, Jejak Kejayaan Melayu Kuno

Istana Maimun, Jejak Kejayaan Melayu Kuno

Jika anda ingin melakukan wisata ke Medan, mampirlah ke Istana Maimun, sebuah tempat wisata sejarah yang memperlihatkan kejayaan Kerajaan Melayu Kuno. Keunikan tempat wiata yang satu ini bukan saja dari faktor nilai sejarahnya yang cukup tinggi, namun juga gaya arsitektur istananya yang demikian megah dengan berbagai perabot dan interiornya yang sangat megah.

Untuk berkunjung ke Istana Maimun reatif sangat mudah karena lokasinya yang mudah dijangkau, yaitu di Jalan Mahmud Al-Rasyid No.66, Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan atau sekitar 100 meter dari Masjid Raya dan Taman Sri Deli. Istana yang menempati lahan seluas 2.772 m2 ini merupakan ikon kota Medan yang sangat populer.

Istana Maimun

Berkunjung ke tempat wisata ini anda akan langsung disuguhi sebuah bangunan megah dengan arsitektur yang sungguh luar biasa. Istana yang dibangun oleh Sultan Deli, yaitu Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada 1888 ini di desain dengan memadukan banyak unsur arsitektur mewah dari berbagai belahan dunia. Ada Islam Timur Tengah, India, Spanyol, Italia, serta tentunya unsur Melayu yag khas dengan dominasi warna kuning keemasan..

Bangunan istana ini terdiri dari 2 tingkat dengan 3 bagian utama serta sekitar 30 ruangan yang ada. Saat masuk ke dalam istana, kita akan dibuat takjub dengan kemewahan dan keindahan interior maupun berbagai perabot yang ada di dalamnya. Di ruangan utama istana ini terdapat singgasana raja yang dipenuhi warna kuning keemasan yang indah.

Di ruangan utama ini juga terdapat kursi dan meja kayu kuno ataupun pakaian adat Sultan yang terlihat masih utuh sebagai peninggalan yang snagat berharga. Pada sepanjang dinding di rungan ini terpajang foto-foto keluarga kerajaan maupun bangsawan dari Kesultanan Deli. Bahkan bagi pengunjung yang berminat, dapat juga memanfaatkan sebuah kursi kebesaran Sultan Deli utuk foto selfie atau foto bersama dengan membayar biaya sewa sekitar Rp 30 ribu saja.

Sedangkan di tengah lingkungan istana juga terdapat sebuah meriam yang dinamakan Meriam Puntung mungkin karena bentuknya yang sudah tidak utuh lagi. Banyak mitos yang berkaitan dengan senjata yang kabarnya digunakan dalam pertempuran pada masa dulu. Banyaknya jejak sejarah kejayaan Melayu Kuno di Istana Maimun ini yang terlalu sayang jika dilewatkan.

Sumber foto: google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...