Travelling / Wisata / Inilah 3 Tempat Diving Terindah di Indonesia

Inilah 3 Tempat Diving Terindah di Indonesia

Inilah 3 tempat diving terindah di Indonesia yang mesti anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Indonesia adalah surga dengan keindahan alamnya yang teramat mengagumkan. Tidak hanya alam di atas daratan yang sangat indah, begitu pun keindahan yang ada di bawah laut teramat saying jika tidak dinikmati untuk menyaksikan sebuah ‘dunia lain’ yang sungguh luar biasa.

Keindahan panorama bawah laut Indonesia sebenarnya terbentang luas dari Sabang hingga Merauke. Apalagi negeri ini terkenal dengan jumlah pulaunya yang mencapai ribuan jumlahnya. Harus diakui banyak sekali panorama bawah laut di perairan Indonesia yang sangat indah dan jumlahnya bis mencapai ribuan juga. Setiap wilayah laut itu juga menyajikan keunikan yang tak akan dapat ditemukan di kawasan lain sehingga rasanya bukan hal yang tepat untuk membandingkannya.

Nah, untuk memudahkan anda menemukan kawasan yang diinginkannya, berikut ini 3 tempat diving terindah di Indonesia yang sebaiknya anda tahu. Pemilihan ini selain dari keindahan yang sesungguhnya, juga dilakukan berdasarkan lokasinya yang agak berjauhan.

1. Kepulauan Anambas

Kawasan ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Natuna dan menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Namun lokasinya yang berada di kawasan Laut China Selatan membuatnya berada di ujung terluar Indonesia. Namun keindahan bawah laut di kawasan ini pernah membuatnya berada pada urutan teratas dari jenis pulau tropis yang paling indah di Asia.

Tempat Diving Terindah di Indonesia

Kawasan ini dikenal memiliki keindahan alamnya dengan banyaknya laguna yang bertebaran di sekitarnya. Pantainya berpasir putih yang lembut dengan air lautnya yang snagat jernih sehingga kita pun dapat melihat hamparan keindahan terumbu karang dari atasnya. Bahkan dari atas kapal pun kita masih bisa melihat dasar laguna dengan beragam jenis ikan karang yang beraneka warna.

Ada banyak titik penyelaman yang terdapat di Anambas. Apalagi jika kita menyelam saat air pasang, maka gugusan laguna itu akan terendam air laut dan membentuk pemandangan awah laut yang luat biasa. Mungkin anda akan membutuhkan waktu beberapa minggu untuk bisa menikmati berbagai keindahan bawah laut di tempat diving terindah di Indonesia ini.

2. Pulau Alor

Kawasan yang terdapat di sebelah timur Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dikenal memiliki tak kurang dari 50 titik penyelaman. Titik-titik penyelaman ini terbentang dari Alor Kecil, Alor Besar, Pulau Pura, Dulolong, Pulau Kepa, Pulau Buaya, Pulau Ternate, hingga Pulau Pantar. Dari jumlah itu sekitar 20 titik termasuk terbaik di dunia dan sudah banyak dikenal para penyelam dari seluruh dunia.

Di tempat inilah sebuah kemegahan panorama bawah laut Alor terlihat begitu luar biasa, sehingga wajar saja banyak penyelam dunia yang rela menembus berbagai akses yang terbatas untuk dapat menikmati surga Indonesia ini. Meskipun nama Alor tak sepopuler Raja Ampat atau Bali, namun keindahan taman bawah lautnya seringkali disetarakan dengan keindahan di Kepualauan Karibia yang sangat terkenal dan menjadi tempat diving terindah dan terbaik di tanah air.

Tempat Diving Terindah di Dunia

Jika anda datang ke lokasi ini, anda sudah dapat menikmati keindahan terumbu karang dari atas kapal karena begitu jernihnya air laut Alor. Di tempat ini anda akan menjumpai beragam biota laut seperti ikan lucu napoleon, mantis, mola-mola, ikan pari, termasuk ikan paus maupun hiu.

3. Taman Laut Bunaken

Keindahan panorama bawah laut Bunaken terhampar seluas 890,65 km2 yang terletak di kawasan Teluk Manado, terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi. Bunaken merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken yang memang sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di taman bawah laut ini anda dapat menikmati berbagai jenis ikan dengan bentuk yang unik dan berwarna-warni.

Kabarnya terdapat tak kurang dari 91 jenis ikan di Taman Laut Bunaken yang bentuk dan warnanya belum pernah anda temui sebelumnya. Diantaranya ada koi putih, nila gasi, ikan kuda gusimi lokal, hingga nautilus. Sedangkan untuk terumbu karangnya tercatat tak kurang dari 13 jenis dengan berbagai bentuk dan warna yang unik.

Tempat Diving Terindah di Indonesia

Jika anda berkunjung ke taman laut ini, coblah untuk menyelam di kedalaman sekitar 25 hingga 50 meter untuk menyaksikan terumbu karang terjal vertical yang begitu menakjubkan. Di tempat diving terindah di Indonesia ini terdapat tak kurang dari 20 titik lokasi tempat penyelaman yang menyuguhkan pemandangan sangat luar bisa dengan beragai jenis dan ragam biota lautnya.

Sumber gambar dan referensi:www.indonesia.travel

 

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...