Travelling / Wisata / Gunung Kelud Kediri nan Elok

Gunung Kelud Kediri nan Elok

Gunung Kelud Kediri mungkin tak setenar gunung lainnya, seperti Bromo, Rinjani, atau Merapi. Namun gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Blitar ini juga menyimpan pemandangan alam nan elok. Terutama panorama alam pegunungan yang sejuk dan indah. Karena itu jika anda berkunjung ke kota Kediri di Jawa Timur, jangan sampai melupakan Gunung Kelud.

Kawasan wisata Gunung Kelud terletak di desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Jika anda tiba di kawasan wisata ini, anda akan dihadapkan pada sebuah lorong atau terowongan yang cukup panjang. Menurut informasi, lorong ini merupakan peninggalan Jepang yang digunakan sebagai jalur lahar saat gunung meletus.

Danau Gunung Kelud Kediri

Daya tarik utama berwisata ke Gunung Kelud Kediri adalah panorama yang tersaji dari sebuah telaga, danau atau waduk yang dikelilingi perbukitan Kelud. Danau dengan luas sekitar 12 hektar itu berwarna kehijauan yang sangat indah. Anda mungkin memerlukan beberapa jam untuk menghabiskan waktu menikmati panorama alam yang begitu menawan itu.

Danau ini terbentuk secara alami akibat aktivitas gunung berapi yang masih aktif itu. Keberadaannya kini dimanfaatkan sebagai media untuk mendeteksi dan mengukur bila terjadi perubahan atau peningkatan aktivitas gunung. Meskipun jarang meletus, namun peningkatan aktivitas gunung yang terjadi pada tahun 2007 membuat was-was masyarakat dan kawasan wisata itupun sempat ditutup.

Nah, untuk mencapai danau Kelud yang agak tinggi itu anda dapat mempergunakan tangga yang telah tersedia. Di sekeiling telaga itu anda dapat duduk bersantai sambil menikmati pemandangan yang ada. Pada musim liburan, tak sedikit remaja dan anak-anak sekolah yang mengabadikan keindahan panorama di sekitar telaga itu.

Gunung Kelud Kediri

Kawah Gunung Kelud Kediri

Selain itu, di kawasan wisata itu juga terdapat kolam air panas seperti umumnya ditemukan di sejumlah obyek wisata pegunungan. Namun menariknya, di sini terdapat 3 kolam yang terbagi menurut strata panasnya. Ada yang airnya panas, agak panas, dan ada juga yang kurang panas. Anda pun bebas memilih untuk berendam di kolam yang mana. Yang jelas, air kolam Gunung Kelud Kediri yang mengandung belerang itu kabarnya juga dapat untuk mengobati berbagai macam penyakit, terutama untuk jenis penyakit kulit.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...