Travelling / Wisata / ‘Finding Nemo’ di Wisata Wakatobi yang Menakjubkan

‘Finding Nemo’ di Wisata Wakatobi yang Menakjubkan

Wisata Wakatobi bisa jadi akan melengkapi dan menyempurnakan perjalanan wisata anda menikmati begitu banyaknya surga yang terdapat di negeri ini. Indonesia memang sangat kaya dengan kekayan alam yang luar biasa. Karena itu pula tak sedikit para ahli maupun berbagai kalangan di seluruh dunia yang menyebut Indonesia sebagai surga dunia.

Pada postingan sebelumnya, kita telah menyaksikan beragam surga yang tersaji melalui keelokan panorama bawah laut di wisata Bunaken, ataupun keindahan pantai-pantai wisata Bali di Pulau Dewata, hingga wisata Pulau Rote yang telah dikenal sebagai salah satu tempat hang out popular bagi para peselancar di seluruh dunia.

Tempat Wisata Wakatobi

Nah, kali ini kita kembali menyaksikan sebuah potongan surga melalui panorama alam yang tersuguhkan di Wakatobi. Wisata Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara merupakan salah satu dari 50 taman nasional dengan keindahan utama pada panorama bawah lautnya yang luar biasa dan sangat menakjubkan.

Menikmati Surga di Wisata Wakatobi

Taman Nasiobal Wakatobi membentang seluas 1,39 juta hektare dan berlokasi di pusat segitiga karang dunia yang sangat terkenal dengan keanekaragaman hayati maupun terumbu karang terbesar di dunia yang menakjubkan. Kawasan ini sudah sangat dikenal di kalangan wisatawan mancanegara yang menyukai diving terutama untuk menikmati tak kurang dari 750 spesies karang dari 850 karang yang ada di seluruh dunia.

Karang ini tersusun dalam 25 gugusan terumbu karang yang membentang sepanjang 600 km garis pantai yang sangat indah. Karang atau koral yang terdpat di kawasan ini diantaranya dari famili A Hyacinthus, Acropora formosa, Euphyllia glabrescens, Fungia molucensis, Lobophyllia robusta, hingga Sarcophyton throchelliophorum.

Begitu juga dengan jenis ikan yang terdapat di kawasan ini juga sangat banyak jenisnya. Tak kurang dari 900 spesies aneka ikan bisa ditemukan di kawasan ini, terutama dari jenis ikan napoleon (Cheilinus undulatus), lion fish dan clown fish yang juga terkenal sebagai “Nemo” seperti dalam film Finding Nemo. Selain itu juga ada ikan jenis ikan merah (Lutjanus biguttatus), takhasang (Naso unicornis), baronang (Siganus guttatus), hingga ikan pogo-pogo (Balistoides viridescens).

Beberapa jenis penyu langka juga kerap ditemukan di sini, seperti penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), ataupun penyu tempayan (Caretta caretta). Di sini juga kerap ditemukan ikan paus putih yang sering mampir karena banyaknya udang atau plankton di kawasan ini.

Nama Wakatobi sebenarnya merupakan akronim nama beberapa pulau, dari Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko yang memang masuk dalam kawasan taman nasional itu. Wangi-wangi adalah ibu kota Kabupaten Wakatobi dan merupakan wilayah yang paling favorit bagi para wisatawan. Tak sedikit para artis yang menghabiskan liburannya di Wakatobi karena keindahannya yang unik.

Wisata Wakatobi

Selain diving, para wisatawan juga melakukan berbagai aktivitas olah raga air seperti snorkeling atau sekedar berenang. Beberapa lokasi yang favorit bagi para wisatawan meliputi Pulau Hoga dan Pulau Binongko yang memang dikenal nyaman dan indah untuk snorkeling, menyelam, dan berbagai kegiatan wisata bahari lainnya.

Jika anda berniat mengunjungi dan menikmati surga Indonesia ini, sebaiknya anda datang pada saat yang tepat, yaitu dari April hingga Juni atau antara Oktober hingga Desember. Sedangkan untuk mencapai kawasan wisata Wakatobi, anda bisa menempuhnya dengan berbagai cara.

Jika menggunakan pesawat dari berbagai daerah, anda bisa mendarat di Kendari yang kemudian dilanjutkan dengan kapal menuju ke Wanci di Pulau Wangi-Wangi yang menjadi pintu gerbang pertama menuju Wakatobi. Nah, dari sinilah anda bisa memilih lokasi favorit anda dengan menyewa perahu untuk menikmati beragam wisata Wakatobi yang luar biasa.

Gambar ilustrai : wikimedia

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...