Travelling / Info / Festival Sandeq 2014, Festival Bahari Indonesia Termegah

Festival Sandeq 2014, Festival Bahari Indonesia Termegah

Sebuah even festival bahari Indonesia kembali digelar. Kali ini Pemda Sulawesi Barat yang punya gawe dengan diadakannya Festival Sandeq 2014. Even tahunan ini rencananya akan digelar pada tanggal 12 hingga 17 September 2014 di kawasan Pantai Bahari, Kabupaten Polewali Mandar sekaligus untuk memeriahkan hari jadi Provinsi Sulawesi Barat.

Berbeda dengan ajang Raja Ampat Sail 2014 yang dilakukan dengan promoi besar-besaran, Festival Sandeq 2014 justru minim promosi. Mungkin karena itulah informasi tentang ajang wisata bahari dan budaya ini kurang banyak terdengar. Apalagi ide awal diselenggarakannya festival ini justru datang dari orang asing, dan bukan dari pemerintah atau kita sendiri.

Festival Bahari

Horst E Liebner merasa takjub saat melihat kelincahan dan kehebatan sandeq pada tahun 1989. Sandeq merupakan perahu layar tradisional masyarakat Mandar yang mempunyai banyak keunggulan. Selain dikenal lincah, perahu bercadik ini juga terkenal sangat cepat jalannya dan mampu menantang arah angin dengan cara berjalan dengan pola zig zag.

Ketertarikan Horst E Liebner pun berlanjut pada tahun 1994 dengan datang langsung ke Cilallang danTanangan di Mandar untuk melihat secara langsung proses pembuatan perahu sandeq maupun kegiatan pelayaran perahu tersebut. Tokoh yang dikenal sebagai peneliti ini pun kemudian mencetuskan ide untuk menyelenggarakan lomba perahu sandeq berdasarkan harapan masyarakat Mandar pembuat perahu sandeq agar perahu tradisional tersebut terangkat namanya.

Keunggulan dan kehebatan salah satu jejak peninggalan kejayaan maritim Sulawesi di masa lampau ini makin terkuak. Perahu Sandeq ternyata juga sangat tangguh dalam menghadapi angin dan gelombang di laut lepas yang ganas. Bahkan perahu dengan desain yang lahir sejak 3000 tahun yang lalu ini terbukti merupakan perahu tradisonal paling cepat yang pernah ada di seluruh wilayah Austronesia.

Perahu yang telah menjadi ikon pariwisata Sulawesi Barat inipun pernah terpilih mewakili Indonesia untuk bergabung dengan 2500 kapal layar dari seluruh dunia pada even Tonnerres Les spektakuler de Brest Festival 2012 di Bretagne, Perancis. Bahkan saat ini, kebudayaan Mandar yang telah mendunia ini telah ikut disimpan di Museum d’Histoire Naturelle Perancis.

Karena itulah Sandeq Race atau lomba kecepatan perahu Sandeq akan menjadi bagian yang paling ditunggu oleh para peserta yang datang dari seluruh duinia. Lomba perahu tradisional pada penyelenggaraan festival bahari Sandeq 2014 ini rencananya akan menempuh rute di sepanjang pesisir Sulawesi Selatan dan finish-nya di pantai Losari Makassar.

Sumber Foto Festival Sandeq 2014 : travelmatekamu.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...