Travelling / Wisata / Asyiknya Agrowisata Jogja sambil Menikmati Merapi

Asyiknya Agrowisata Jogja sambil Menikmati Merapi

Berkunjung ke Yogyakarta tak akan lengkap jika tidak merasakan asyiknya agrowisata Jogja yang menyenangkan. Wisata alam ini memang kalah popular dengan Malioboro atau Candi Prambanan, namun wisata agro di Jogja memberikan pengalaman dan kenangan yang menarik untuk dinikmati.

Sebagai tempat destinasiwisata utama di Indonesia, Yogyakarta memang memiliki banyak sekali tempat wisata. Dari wisata budaya, wisata alam, kulier, hingga wisata belanja. Jika anda ingin menikmati Yogyakarta secara utuh, rasanya dua atau tiga hari tak akan cukup untuk mengunjungi dan menikmati semua obyek wisata yang sangat menawan tersebut.

Agrowisata Jogja

Salah satu tempat wisata di Jogja yang belakangan makin popular adalah agrowisata Turi. Kawasan wisata yang terletak di sebelah utara Yogyakarta ini berada di lereng Gunung Merapi yang sejuk dengan hamparan perkebunan salak pondok yang luas. Tempat wisata perkebunan ini telah dikelola secara swadaya oleh penduduk sekitar yang memang dikenal sebagai petani salak pondoh.

Salah pondoh agak berbeda dengan kebanyakan varietas salak yang mungkin sudah anda kenal. Selain bentuknya yang kecil, salak pondoh juga dikenal dengan rasanya yang manis. Jenis dari varietas ini pun ada beberapa yang cukup popular, seperti salak pondoh super, pondoh gading, salak pondoh nglumut yang ukurannya lebih besar, serta pondoh hitam. Saat ini salak varietas pondoh telah banyak ditanam di berbagai desa di wilayah Sleman.

Menurut informasi dari para petani Turi, salak pondoh (Sallaca edulis Reinw cv Pondoh) sudah mulai ditanam di Kabupaten Sleman ini sejak tahun 1917. Kabarnya, Partodirejo, seorang Jogoboyo Desa Kapanemon, Tempel, Sleman memperoleh hadiah kenang-kenangan dari seorang warga Belanda berupa empat butir biji salak. Setelah ditanam dan dirawat, ternyata buah yang dihasilkan biji pohon ini memiliki cirri yang agak berbeda dengan rasa yang manis.

Keunggulan lain salak pondoh adalah kemampuannya untuk berbuah tanpa mengenal musim alias sepanjang tahun. Jumlah panen yang bia diperoleh setiap tahun dari sebuah pohon salak berkisar antara 10 hingga 15 kg, terutama jika dilakukan perawatan khusus yang bisa menghasilkan panen lebih banyak lagi. Apalagi proses budidayanya terbilang mudah dan tidak terlalu ringkih.

Fasilitas Agrowisata Jogja

Sebenarnya ada beberapa lokasi agrowisata Jogja yang tersedia dan bisa dipilih. Namun salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah yang terletak di Kecamatan Turi, terutama di Desa Bangunkerto, yang memiliki luas kawasan sekitar 27 hektar. Di tempat ini anda bebas berjalan kaki bersama anak dan keluarga sambil menikmati hamparan ribuan pohon salak pondoh.

Dengan ditemani pemandu wisata yang umumnya juga berprofesi sebagai petani salak pondoh, anda bisa bertanya tentang berbagai hal seputar salak varietas unggul ini. Anak-anak pun dapat belajar tentang pohon ini maupun seluk beluk dunia perkebunan buah.

agrowisata salak pondoh

Anda pun dapat memakan buah ini dengan memetik langsung dari pohonnya. Namun karena pohon ini dipenuhi dengan duri yang tajam, sebaiknya anda meminta bantuan pemandunya untuk memetikkannya. Asal anda tahu, cara memetik buah salah pondoh pun ada tekniknya yang bisa anda lihat dan tanyakan langsung kepada petani di sana.

Kawasan agrowisata Jogja ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana bermain maupun kolam ikan. Selain menikmati buah salaknya yang manis, anda bisa merekam dan memotret keceriaan anak-anak bermain di kawasan yang cukup luas nan sejuk ini. Tips penting agar anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih seru, datanglah ke wisata Jogja ini pada sekitar bulan November hingga Januari yang dikenal sebagai periode musim panen besar sehingga harga salak pondoh relatif amat murah.

Setelah puas, anda dapat membeli salak pondoh langsung dari kebunnya sebagai oleh-oleh dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu perkilonya. Nah, dari kawasan agrowisata Jogja ini anda dapat melanjutkan wisata ke Kaliurang yang lokasinya tak begitu jauh dari Turi atau melihat Gunung Merapi lebih dekat lagi.

Gambar ilustrasi : google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...