Travelling / Lain-lain / Anggaran Wisata Turis Muslim Ternyata Sangat Tinggi Lho

Anggaran Wisata Turis Muslim Ternyata Sangat Tinggi Lho

Tahukah anda berapa anggaran wisata yang dikeluarkan seorang wisatawan muslim untuk pergi berlibur atau mewujudkan hobi jalan-jalannya dalam setiap tahunnya?

Selama ini para pelaku bisnis lebih tertarik menggarap wisatawan mancanegara, khususnya Eropa dan Amerika Serikat, sebagai target pasar utamanya. Apalagi wisatawan bule itu umumnya gemar melakukan wisata khususnya saat high season. Selain itu wisman juga terbilang royal dalam menghamburkan uangnya saat melakukan liburan wisata.

Sebaliknya, mungkin masih sedikit pebisnis wisata yang tertarik dalam merangkul wisatawan muslim. Padahal, wisatawan muslim tak kalah besarnya dalam mengalokasikan anggaran dan belanja wisata dalam setip tahunnya.

Anggaran Wisata

Begitu juga Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan memiliki penghasilan yang tidak kecil merupakan pangsa pasar yang menggiurkan untuk bisnis pariwisata.

Menurut data dari Departemen Pariwisata, anggaran wisata umat muslim dalam setahun tercatat mencapai angka 137 miliar dolar AS atau lebih dari 150 triiun rupiah. Itu uang yang dikeluarkan pada tahun 2012, dan angka ini diperkirakan akan meningkat hampir mencapai 200 miliar dolar AS pada 5 tahun ke depan. Yang lebih menggiurkan lagi, angka di atas adalah biaya atau belanja wisata diluar perjalaan haji yang juga tidak kecil.

Jumlah biaya yang dikeluarkan para wisatawan muslim dunia tersebut memang masih relative kecil dibandingkan angka total belanja wisata dunia karena hanya mencakup sekitar 12,5 persennya saja.

Coba kita bandingkan dengan pengeluaran yang dianggarkan wisatawan nusantara dalam melakukan perjalanannya. Masih menurut data dari Departemen Pariwisata, jumlah wisatawan nusantara pada tahun 2011 tercatat mencapai angka 239 juta orang dimana mereka menghabiskan biaya tak kurang dari Rp138 triliun, suatu jumlah yang tidak kecil.

Jumlah tersebut ternyata meningkat cukup signifikan menjadi sekitar 245 juta orang pada tahun 2012. Diperkirakan dari jumlah ini terdapat sekitar 80 persen merupakan wisatawan muslim yang mengeluarkan biaya untuk perjalanan wisata tersebut tak kurang dari angka Rp142,3 triliun, suatu jumlah yang tidak kecil.

Demikianlah gambaran realitas potensi wisata yang tampaknya belum banyak digarap secara khusus oleh para pelaku bisnis di bidang pariwisata. Besarnya anggaran wisata yang dikeluarkan wisatawan muslim diperkirakan akan makin meningkat di tahun mendatang.

Sumber gambar: openclipart

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...