Travelling / Wisata / Ada Boddhisatwa dan Agastya di Museum Nasional Lho

Ada Boddhisatwa dan Agastya di Museum Nasional Lho

Jika anda gemar dengan peninggalan kuno mungkin anda perlu datang ke Museum Nasional yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat 12 Jakarta. Di tempat inilah berbagai benda peninggalan sejarah tersimpan dengan rapi. Apalagi tempat ini juga dikenal sebagai museum yang paling lengkap koleksi etnografi dan keramik yang pernah digunakan dalam membangun peradaban Indonesia.

Dibandingkan tempat wisata populer lainnya, museum memang terbilang minim peminat. Karena itu wajar jika museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara yang menyimpan koleksi tak kurang dari 140 ribu lebih berbagai benda-benda bersejarah sepi pengunjung. Padahal tak sedikit artefak, patung, arca, maupun barang pecah belah yang di simpan di museum ini memiliki nilai sejarah yang amat tinggi.

Museum Nasional

Jika kita berkunjung ke tempat yang juga bernama Museum Gajah ini kita akan disambut oleh sebuah patung besar dengan tinggi 414 cm yang bernama patung Bhairawa. Patung terbesar dan tertinggi di museum ini tersebut diperkirakan berasal dari abad 13 – 14 dan merupakan perwujudan pancaran Buddha (Boddhisatwa) di Bumi sebagai manifestasi Dewa Lokeswara atau Awalokiteswara.

Saat berkeliling melihat berbagai patung yang berjumlah ribuan, anda juga dapat mengenali berbagai tokoh yang selama ini mungkin hanya anda dengar dari buku atau dongeng. Di sini juga ada prasasti bertahun 1351 Masehi yang berasal dari Singosari Malang yang diduga berkaitan dengan tokoh Gajah Mada karena ada nama ‘Mada’ di sana. Bahkan di Musem Gajah ini anda bisa menemukan sosok Agastya dalam sejumlah bentuk. Agastya merupakan tokoh yang pernah dijadikan bahan disertasi sejarawan Poerbotjaraka dengan judul Agastya di Nusantara.

Museum pada pada awalnya bernama Museum Royal Batavian Society of Arts and Sciences Batavia ini diresmikan pertama kali pada tahun 1868. Namun pada tanggal 24 April 1778 telah dibentuk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang menjadi cikal bakal berdirinya Museum Nasional ini.

Dalam perkembangannya, Musem Gajah ini beberapa kali berpindah tempat. Awalnya, museum ini berlokasi di Jalan Kalibesar, kemudian berpindah ke Jalan Majapahit 3 yang sekarang berada di dekat gedung Sekretariat Negara. Namun sejak tahun 1862, Museum Nasional berpindah ke Jalan Medan Merdeka Barat 12 hingga sekarang dan menempati gedung yang dibangun pemerintah Hindia Belanda.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...