Travelling / Tips / 6 Tips Merencanakan Liburan Keluarga Yang Asyik

6 Tips Merencanakan Liburan Keluarga Yang Asyik

Liburan tinggal sebentar lagi, merencanakan liburan keluarga yang asyik dan menyenangkan mungkin perlu anda lakukan. Yah, pada setiap akhir tahun akan menjadi momentum istimewa bagi anak-anak dan keluarga karena merupakan liburan tengah semester yang banyak ditunggu. Meskipun waktu liburan mungkin tidak selama liburan akhir tahun ajaran, namun momentum ini tentu perlu dimanfaatkan dengan baik untuk memberikan kesempatan kepada anak melepaskan rutinitas sekolahnya.

Agar wisata liburan menjadi menyenangkan, tentunya perlu dipersiapkan dengan baik. Perencanaan bukan saja agar perjalanan lancer dan menyenangkan, namun yang tak kalah pentingnya adalah untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Sebagai orang tua tentunya kita perlu mengantisipasi berbagai hal agar anak memperoleh haknya untuk terhindar dari hal yang tak menyenangkan.

Merencanakan Liburan Keluarga

Nah, berikut ini beberapa kiat dan tips merencanakan liburan keluarga yang asyik yang mungkin luput dari perhatian anda.

1. Melakukan wisata liburan akan lebih menyenangkan jika mengunjungi tempat yang belum pernah kita kunjungi sesuai keinginan anak-anak. Karena itu ajaklah diskusi anak-anak untuk memilih tempat liburan yang diinginkannya. Anda pun sebaiknya tak perlu membatasi tempat wisata tertentu agar anak-anak bisa lebih memiliki pengalaman hidup yang akan berharga untuk kehidupannya kelak.

2. Setelah kesepakatan tentang tempat wisata disetujui, sebagai orangtua anda perlu mengenali kawasan tersebut, baik menyangkut jalur transportasinya, jenis dan ragam obyek wisata yang ada, tempat kuliner, hingga kondisi sosial budaya maupun lingkungan di sekitarnya. Anda bisa mencarinya di internet untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang kawasan wisata trsebut.

3. Sesuaikan kegiatan wisata liburan dengan kondisi keuangan anda. Untuk lebih menghemat biaya, anda bisa mencari informasi tentang paket-paket wisata yang ditawarkan berbagai biro perjalanan wisata. Asal anda tahu, saat liburan sekolah tak sedikit biro perjalanan wisata atau travel agent yang menawarkan berbagai paket wisata murah untuk rombongan keluarga. Selain menyediakan paket jadi tak jarang mereka juga menawarkan paket fleksibel dimana destinasi wisata ditentukan oleh konsumen yang kemudian akan dikalkulasi dan dihitung biayanya oleh pihak biro wisata tersebut. Cara semacam ini tak jarang bisa jauh lebih hemat dan lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan perjalanan sendiri.

4. Jika anda ingin melakukan wisata liburan sendiri secara hemat, anda juga bisa melakukannya. Untuk mendapatkan tiket pesawat murah pilih jenis promo dengan langsung mengunjungi situs online maskapai yang bersangkutan. Untuk tarif hotel lebih murah, anda juga dapat mengunjungi situs hotel tertentu. Saat ini para pelaku bisnis wisata umumnya telah menyediakan situs yang memberikan layanan online yang lebih baik dan ebih hemat untuk para konsumennya.

5. Jika anda ingin membawa kendaraan sendiri selama berwisata, persiapkan dengan baik kondisi dan kelaikan kendaraan anda. Service-lah ke tempat service kendaraan langgananan anda dan minta mereka melakukan cek secara menyeluruh kondisi mobil anda. Anda sebaiknya juga jangan lupa untuk melengkapi dengan peralatan entertainmen di mobil anda, seperti musik ataupun TV (kalau ada) agar perjalanan terasa lebih menyenangkan.

Liburan Keluarga

6. Siapkan berbagai kebutuhan anak-anak selama liburan dengan membawa yang penting saja. Termasuk obat-obatan penting, permainan video game agar anak-anak tidak bosan dan juga untuk membunuh waktu luang selama perjalanan atau saat di lokasi wisata, dan peralatan lain yang diperlukan. Jika diperlukan anda pun perlu mengajak baby siter untuk membantu merawat bayi anda sehingga anda pun dapat menyertai anak-anak lain dalam berwisata.

Itulah beberapa langkah yang sebaiknya anda perhatikan untuk memberikan pengalaman wisat aliburan yang menyenangkan untuk anak-anak anda yang akan segera libur sekolah. Wisata yang menyenangkan dan berkesan tak selalu berkaitan denganbiaya mahal jika kita mengetahui cara merencanakan liburan keluarga yang asyik dan menyenangkan.

Gambar ilustrasi : pixabay – flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...