Travelling / Tips / 5 Tips Foto Traveling dengan Kamera Ponsel

5 Tips Foto Traveling dengan Kamera Ponsel

Tips foto traveling dengan kamera ponsel ini mungkin berguna untuk anda. Sebab, melakukan perjalanan wisata tak akan menarik tanpa adanya kamera untuk mengabadikan berbagai momen penting selama dalam perjalanan. Namun berbagai hal bisa saja terjadi hal-hal tak terduga yang menyebabkan peralatan kamera yang kita bawa tidak berfungsi optimal. Bisa karena jatuh dan pecah, jatuh ke dalam air, ataupun kehujanan yang menyebabkannya rusak.

Ibarat fotografer jurnalistik dimana momentum tak akan datang dua kali, maka apapun mesti dilakukan agar kita bisa merekam dan mengabadikannya. Jika hal semacam ini menimpa anda, maka tak ada salahnya untuk mengoptimalkan kamera ponsel yang kita miliki sebagai senjata terakhir.

Tips Foto Traveling

Namun mengingat kamera ponsel tidak secanggih kamera SLR atau kamera professional, maka dibutuhkan kiat dan trik khusus agar hasilnya tidak terlalu mengecewakan. Nah, berikut ini beberapa tips foto traveling dengan kamera ponsel yang sebaiknya anda ketahui.

  1. Siapkan dan bawa selalu mikroUSB tambahan sebagai tempat penyimpanan data foto anda agar anda tidak kerepotan untuk menghapus foto yang tidak penting karena terbatasnya tempat penyimpanan. Umumnya smartphone menyediakan slot microSD yang bisa diekspan hingga 32 GB.
  2. Jangan lupa bawa serta berbagai perlengkapan ponsel lainnya seperti batere cadangan atapun charger yang mesti selalu dibawa kemanapun saat traveling. Jangan lupa pula untuk membawa si tongsis alias tongkat narsis untuk aksi tak terlupakan berfoto selfie di lokasi wisata.
  3. Dalam mengambil gambar obyek wisata sebaiknya hindari menantang arah matahari agar hasilnya tetap terjaga baik. Umumnya kualitas kamera ponsel cukup terbatas, termasuk fiturnya, sehingga lebih baik bagi anda menghindari hal-hal mendasar yang ‘terlarang’ dalam fotografi.
  4. Jika kamera ponsel anda cukup canggih, sebaiknya gunakan atau pilih lensa lebar dimana obyek yang diabadikan akan berbicara secara kontekstual. Jika anda ingin memotret seorang ibu warga lokal di lokasi wisata, perlihatkan pula latar belakang suasana di kawasan tersebut.
  5. Jika anda menemukan suatu obyek yang menarik, ambil gambar dengan berbagai sudut pengambilan yang berbeda. Tongsis dapat pula dimanfaatkan lebih dari sekedar selfie, namun juga untuk memotret dengan sudut lain yang lebih menantang.

Itulah sedikit tips foto traveling dengan kamera ponsel yang semoga memberikan inspirasi buat anda dalam mengabadikan berbagai momentum penting saat berwisata tanpa terpaku karena rusaknya atau tak adanya peralatan kamera otomatis.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...