Travelling / Tips / 4 Tips Aman Wisata saat Musim Hujan

4 Tips Aman Wisata saat Musim Hujan

Bagaimana sih wisata saat musim hujan yang tentunya akan dapat mengganggu jadwal yang telah dibuat? Memang waktu liburan maupun high season tidak selalu tetap berlangsung pada musim tertentu. Tak jarang wisata pun dilakukan saat musim hujan. Selain dapat mengganggu jadwal yang telah dibuat, hujan juga cukup berbahaya terhadap masalah keamanan dan keselamaran selama perjalanan.

Wisata saat Musim Hujan

Nah, lantas bagaimana menyiasati kondisi tersebut sementara wisata mesti dilakukan? Berikut ini beberapa cara dan tips aman melakukan wisata saat musim hujan yang semoga saja memberikan inspirasi agar perjalanan tetap menyenangkan dan tidak malah menimbulkan kekecewaan.

1. Selalu Siap dengan Stamina Fisik yang Baik

Perjalanan wisata akan membutuhkan banyak tenaga dan rentan terhadap kelelahan. Kelelahan yang berlbihan tentunya juga dapat memicu datangnya penyakit, Karena itu stamina fisik yang prima dan kesehatan tubuh yang selalu terjaga baik merupakan syarat pertama sebelum melakukan perjalanan wisata, baik saat musim hujan maupun tidak. Ibarat pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, maka kondisi tubuh yang sehat dan prima merupakan syarat sebelum melakukan perjalanan wisata.

2. Jangan Tinggalkan Obat-Obatan

Meskipun kondisi tubuh yang sehat dibutuhkan saat berwisata, namun perlengkapan kesehatan dan obat-obatan tetap mesti selalu ada dalam tas bawaan anda. Apalagi jika anda membawa serta anak-anak dan anggota keluarga, maka obat-obatan sangat penting untuk menghadapi kondisi darurat ataupun lokasi yang jauh dari fasilitas kesehatan.

3. Bawa Serta Perlengkapan Anti Hujan

Jika anda telah memaklumi kondisi hujan saat melakukan perjalanan wisata, tak ada salahnya membawa serta perlengkapan anti hujan, seperti paying atau mantol. Namun agar perlengkapan ini tidak membebani bawaan anda, pilih paying atau jas hujan yang mudah dilipat dan ringan.

4. Mencari Wisata Alternatif

Ada banyak obyek wisata lain yang bisa dijangkau tanpa perlu taut dengan hujan. Jika wisata alam maupun obyek wisata bahari tidak bisa dijangkau saat hujan, cari saja wisata alternative lainnya agar jadwal yang telah disusun dapat berjalan dengan baik. Museum atau wisata indoor lainnya masih bisa menjadi pilihan yang menarik tanpa terganggu dengan guyuran hujan. Inilah alternatif wisata saat musim hujan yang masih tetap dilaksanakan.

Gambar: flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...