Travelling / Tips / Tips Mendaki Gunung di Musim Penghujan

Tips Mendaki Gunung di Musim Penghujan

Kesenangan mendaki gunung kadang tidak bisa dilekang oleh kondisi cuaca. Seorang pendaki harus mampu menaklukkan tantangannya walaupun cuaca kurang mendukung. Untuk itulah tidak hanya dibutuhkan kesiapan fisik, tetapi mental dan keberanian juga dibutuhkan dalam melakukan dakian di musim hujan. Karena jika tidak, maka acara mendaki gunung yang diidamkan tidak akan berjalan seperti yang diinginkan.

tips mendaki gunung

Nah, agar mendaki gunung tetap aman serta nyaman menuju puncak yang dinginkan, maka bisa disimak tips berikut. Tips mendaki gunung di musim penghujan:

1. Pastikan kesiapan fisik dan mental

Kesiapan fisik dan mental dalam mendaki gunung merupakan modal penting dalam menggapai puncak. Apalagi mendaki gunung di saat musim penghujan atau saat cuaca ekstrim yang kerap menyebabkan ketahanan fisik terganggu. Tentunya merupakan suatu yang baik apabila seseorang harus mendaki gunung sedangkan kondisi fisiknya lemah.

2. Kuasi Jalur Pendakian

Menguasai jalur pendakian sangat penting kala melakukan pendakian gunung saat musim penghujan. Dengan mengetahui jalur pendakian maka pendaki bisa memilih jalur aman, serta menghindari jjalur yang rawan. Tidak hanya itu, pendaki juga bisa menentukan kapan dan dimana dia akan ebristirahat dan mendirikan tenda ketika tengah diguyur hujan. Sehingga sangat penting bagi pendaki untuk menguasai jalurpendakian.

3. Perlengkapan Siap Hujan

Sebagai pendaki yang akan mendaki gunung saat musim hujan, maka yang harus dilakukan adalah menyiapkan perlengkapan siap hujan. Seperti halnya plastik, baju ganti, serta sepatu. Plastik sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan barang yang dibawa dari air hujan. Sedangkan baju ganti sangat penting untuk digunakan agar bisa mengganti baju setelah terkena hujan. Dan sepatu juga sangat perlu digunakan untukmelawan jalan yang licin. Selain itu, tentunya masih ada beberapa kelengkapan lain yang sangat penting disiapkan untuk mengarungi gunung. Seperti ponco yang lebih baik digunakan dari pada jas hujan.

4. Jangan Memaksakan diri

Dalam melakukan pendakian, keberanian adalah modal penting. Akan tetapi bukan berarti pendaki harus bersikap konyol dalam menghadapi alam. Untuk itu, ketika hujan deras yang disertai dengan petir dan angin, maka alangkah baiknya untuk tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan. Pendaki sebaiknya beristirahat melakukan tindakan oengamanan demi keselamatan.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakuakn ketika mendaki gunung ketika musim penghujan. Tentunya dengan menyiapkan segala hal sebelum mendaki ataupun ketika tengah mendaki maka setidaknya bisa mengurangi

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

One comment

  1. Pernah kami mendaki di musim hujan, dan bawa kain lap kanebo, berguna ketika tenda kebanjiran untuk menguras air yang masuk ke tenda

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...