Travelling / Tips / Perlengkapan Penting Saat Mendaki Gunung

Perlengkapan Penting Saat Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan salah satu perjalanan yang paling mengesankan dan menegangkan. Untuk itulah butuh persiapan khusus agar suasana pendakian tidak terganggu dengan hal yang tidak diinginkan. Adapun persiapan sebelum mendaki tidak hanya berupa fisik dan mental akan tetapi juga membutuhkan perlengkapan yang digunakan selama pendakian.

Perlengkapan mendaki gunung

Perlengkapan Mendaki gunung tidak hanay meliputi jaker, dan tas ransel. Akan tetapi masih banyak perlengkapan lain yang sangat penting dan akan digunakan selama pendakian. Untuk lebih lengkapnya, berikut Perlengkapan penting saat mendaki gunung:

1. Peralatan packing

Peralatan Packing ini berisi tempat semua hal yang dibutukan untuk mendaki gunung. Adapun peralatan packing bisa berupa tas Ransel, Kantong Plastik, akan tetapi bisa juga menambahkan tas punggung dan tas kamera jika memang dibutuhkan. Tas Rasel atau Carrier merupakan kebutuhan wajib pendaki, biasanya pendaki menjadikan tas ini sebagai tempat penyimpanan utama. Sedangkan kantong plastic dibutuhkan jika dalam pendakian terkena hujan atau harus menerobos sungai. Adapun tas punggung dan tas kamera hanya opsional yang tingkat kebutuhannya tidak terlalu mendesak.

2. Perlengkapan Camping

Untuk perlengkapan camping yang dibutuhkan ketika mendaki gunung meliputi, tenda, sleeping bag, alat masak dan makan. Kebutuhan-kebutuhan tersebut sangat dibutuhkan selama perjalanan ataupun sudah berada di puncak gunung.

3. Pakaian

Ada beberapa macam pakaian yang wajib dibawa ketika hendak mendaki gunung, diantaranya Jaket gunung, baju ganti, jas hujan, sarung tangan, topi, bahkan kalau perlu syal. Untuk jaket gunung sudah menjadi hal yang tidak boleh absen ketika hendak mendaki gunung. Begitu juga baju ganti, pendaki gunung sebaiknya sudah menyiapkan baju ganti secukupnya baik berupa kaos, celana, bahkan pakaian dalam. Untuk sarung tangan, topi, dan syal sangat dibutuhkan untuk melawan hawa dingin di puncak gunung. Tidak kalah penting juga jangan sampai melupakan untuk menyiapkan kaos kaki cadangan, sepatu dan sandal.

4. Perlengkapan lain

Perlengkapan lain yang dibutuhkan ketika sedang mendaki gunung adalah makanan seperti roti, susu, kopi, teh, dan sebagainya. Begitu juga dengan beberapa peralatan lain seperti senter atau headlamp, pisau lipat, korek api, obat-obatan, lilin, dan sebagainya.

Itulah beberapa perlengkapan penting yang dibutuhkan selama perjalanan mendaki gunung. Untuk lebih amannya sebaiknya buatlah semacam check list untuk mengetahui barang atau perlengkapan apa saja yang belum disiapkan. Karena jika sampai ada barang diatas yang tertinggal, maka akan berdampak pada kenikmatan menjelajah gunung anda.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...