Travelling / Wisata / 3 Tempat Wisata Religi Di Sumenep Madura Paling Ramai

3 Tempat Wisata Religi Di Sumenep Madura Paling Ramai

Selain dikenal dengan karapan sapinya, Madura juga dikenal dengan kentalnya adat keislamannya. Sehingga di pulau ini banyak terdapat kuburan serta tempat-tempat religi yang sering dijadikan sebagai wisata religi oleh banyak orang. Tidak hanya dari masyarakat setempat, tetapi juga banyak pendatang yang berasal dari louar pulau untuk melaksanakan wisata Religi d pulau garam ini.

Salah satu kabupaten yang cukup banyak terdapat tempat wisata religi adalah di kabupaten Sumenep. Sebagai kabupaten palung ujung pulau garam ini, Sumenep juga banyak menyimpan sejarah perkembangan Islam di pulau Madura. Sehingga wajar hingga saat ini kabupaten Sumenep banyak terdapat tempat wisata Religi yang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan baik yang berasal dari Pulau Madura maupun dari luar Madura. Adapun beberapa tempat wisata religi di Sumenep yang paling ramai dikunjungi diantaranya:

Masjid Agung SUmenep

1. Masjid Agung Sumenep

Masjid Sumenep merupakan salah satu tempat wisata religi di Sumenep. Kendati hanya berupa masjid, namun bangunan ini sarat akan sejarah perkembangan Islam di Sumenep. Perlu diketahui, masjid ini dibuat oleh Arya Tumenggung I atau yang dikenal dengan Panembahan Sumolo. Secara arsitektur, pola banguanan masjid yang dibangun pada tahun 1779 Masehi atau 1198 Hijriyah ini dipengaruhi oleh beberapa konsep bangunan dari Eropa, China dan Arab. Sangat jelas dari struktur bangunannya serta piliha warnanya.

asta tinggi sumenep

2. Asta Tinggi

Asta tinggi tempat kuburan atau makam para Raja Sumenep. Tidak hanya itu, di dalam Asta Tinggi juga banyak terdapat tokoh Ulama yang sangat berperan dalam penyebaran agama Islam di Sumenep. Makam ini hampir tiap hari ramai oleh pengunjung baik penduduk sekitar maupun dari luar kota. Seperti halnya di Masjid Agung Sumenep, Di Asta Tinggi Sumenep ini juga sangat terasa auranya ketika masuk ke areya pemakaman para Raja Sumenep.

asta yusuf

3. Asta Sayyid Yusuf Talango

Seperti halnya Asta Tinggi, Asta Sayyid Yusuf juga merupakan tempat Wisata Religi di Sumenep yang berupa kuburan para penyiar Islam di Sumenep. Adapun Asta Sayyid Yusuf terletak di Pulau kecul sebelah timur Sumenep yakni Pulau Talango. Kendati begitu Tempat ini juga selalu ramai oleh pengunjung.

Itulah 3 tempat wisata religi di Sumenep yang paling ramai dikunjungi. Selain itu sebenarnya ada banyak tempat wisata religi lain di SUmenep seperti Asta Katandur, Asta Brambang atau Asta Gumo’, Asta Joko Tole yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata religi anda semua.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

2 comments

  1. nice, terima kasih artikelnya sangat membantu..

    yuk join keliling2 nusantara bersa kami
    Dunia Wisata Tour Organizer
    call 0341-456444
    web http://www.duniawisataku.com
    Enjoy travelling wit us!!

  2. foto atas bagian bawah itu upacara nyadar bukan asta yusuf.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...