Travelling / Ceritaku / U2linan: Panorama Wisata Waduk Cirata

U2linan: Panorama Wisata Waduk Cirata

Hai semuanya, ketemu lagi ni ma gue Ezy sang superstar masa kini :lol: (uwoeeeeekkk :-( ), opss maaf maksudnya sang petualang hihihhi… Kali ini U2linan gue mau ngajak lo semua melihat Panorama Wisata Waduk Cirata (hahh what is thattt ?? :roll: ).. ya itu adalah nama tempat wisata yang berada di dekat kampung halaman gue Desa Margalaksana – Cipeundeuy tercinta  ;-)

Pada mulanya gue mau bikin artikel tentang keindahan pantai Sawarna Banten tapi berhubung foto2 nya gue lupa simpan maka gue menjatuhkan pilihan hati gue ke Cirata (mulaiii dech alainya  :-x ), hahhaha.. Sebenarnya bukan tanpa alasan juga sich gue bikin artikel tentang Wisata Waduk Cirata ini, ya selain tempat wisata ini dekat dengan kampung halaman gue, sekalian gue promosiin juga biar banyak orang yang tahu :-D.

Sebelum kalian gue ajak melihat keindahan Waduk Cirata, gue mau ber-edukasi dulu sedikit tentang sejarah cirata. :-) Come on ikut gue n look at this..!!

Waduk Cirata

Waduk Cirata

Waduk Cirata adalah salah satu danau buatan yang terdapat di wilayah Jawa barat – Indonesia. Waduk ini dibangun dengan cara membendung sungai Citarum yang mengakibatkan terendamnya lahan pertanian dan rumah para penduduk seluas ± 62 km2 (kasiaan ya :-? ). Pembangunan Waduk dengan luas 43.777,6 ha dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 1984. Melalui beberapa prosedur, warga puluhan desa di Cianjur, Purwakarta, dan Bandung harus pergi meninggalkan tempat tinggal mereka. Pada 1 September 1987, desa-desa yang terkena proyek waduk mulai terhapus dari peta saat air Sungai Citarum dan Cisokan mulai menggenangi Cirata (wooww 8-O ). Sebanyak ± 6.335 keluarga harus mengikhlaskan tanah kelahirannya menjadi genangan air. Genangan waduk tersebut tersebar di 3  kabupaten coyy, yaitu Kabupaten Cianjur, Purwakarta dan Kabupaten Bandung. Genangan air waduk cirata terluas terdapat di Kabupaten Cianjur.

Bendungan PLTA Cirata

Pada mulanya pembangunan waduk Cirata ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan listrik Jawa-Bali (trims cirata atas listriknya :oops: ), tapi seiring bergulirnya waktu kegiatan perekonomian baru mulai tumbuh sampai saat ini. Berkat adanya Proyek Waduk Cirata yang multifungsi ini, masyarakat luas dapat memperoleh manfaat sungai citarum yang berhulu di Gunung Wayang Kabupaten Bandung dan bermuara di Laut Jawa Kabupaten Karawang setelah melalui Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang. Potensi besar sumber daya air  di Sungai Citarum ini telah memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kesejahteraan warga Jawa Barat termasuk DKI Jakarta dan Indonesia.

nah itu dia sejarah singkat Waduk Cirata, selain digunakan sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) juga menjadi tempat wisata yang murah meriah, malahan kalau hari libur pengunjung yang datang ke tempat ini bisa membludak (apalagi kalo pas Lebaran dan malam Tahun baru, gue jamin jalan2 ditempat ini bakal kayak lautan manusia broo..!! ).

64. 547449_383910158297018_456097177_n

13. 537352_383914091629958_840113147_n

 

Pesona Wadu Cirata

61. 560269_383910401630327_1473353428_n

58. 553758_383910634963637_874129244_n

59. 549239_383910531630314_624270942_n

Bagi yang hobi mancing disini bisa dibilang tempat yang pas untuk mendapatkan ikan, apalagi kalo kalian seorang pemburu ikan monster (woow) disini ikan nya geudeee- geudeeee…

 

53. 521773_383911011630266_1195357031_n 52. 557507_383911128296921_92296639_n 39. 549436_383912248296809_1262691156_n 41. 543046_383912074963493_838581992_n

24. 564307_383913194963381_599450616_n 23. 535986_383913261630041_6786359_n

Itu foto2 gue ambil disekitar bendungannya sob… oiya sedikit info juga tiap jumat sekitar jam 1 siang tempat ini dijadikan arena olahraga buat para muda-mudi (yaa selain tempat pacaran juga sich hihihi).

Persimpangan Jalan Cirata

Persimpangan Jalan Cirata

Jika kalian ingin menuju ke Waduk Cirata ini bisa melalu 3 akses jalan yaitu lewat Cikalong Wetan (Bandung), Plered (Purwakarta) dan Cikalong Kulon (Cianjur).

Wisata Waduk Cirata Bandung

Waduk cirata (dilihat dari atas gedung)

Bagi yang suka traveling sambil wisata kuliner disini bisa jadi rekomenn yang bagus dech sob, soalnya disini terkenal dengan nasi liwet dan ikan bakarnya yang uueeenaaakk….

ckckck jadi ngileerr ni :lol:

Banyak tempat dikawasan Waduk Cirata yang view nya bagus2 masbroo…

22. 560887_383913318296702_1161990259_n 21. 530572_383913411630026_932872975_n

Buat panjat tebing bagus ni mennn…

 

18. 545051_383913618296672_997930647_n

19. 546035_383913548296679_846371656_n

20. 521605_383913491630018_816876775_n

16. 383507_383913831629984_1086325785_n

Waduk Cirata dikalangan orang film juga udah gak asing sob (asiiikkk). soalnya gak sedikit orang film yang menjadikan Waduk Cirata sebagai lokasi syuting filmnya, terutama film2 kolosal tuh (ciiiiaaatt… ciaaatttt :evil: )

11. 548745_383914304963270_1699885338_n 7. 521591_383914648296569_550979954_n

 

9. 403932_383914494963251_2117842880_n 8. 555629_383914561629911_1829349023_n

4. 295249_383914821629885_2012737839_n 5. 398352_383914768296557_480775327_n

gimana sob bagus kan, disini udara nya masih alami lo datang pagi pasti kedinginan dech (yaeyalah dodol)… disini juga disediakan villa ko, jadi kalian bisa menikmati keindahan tempat ini lebih puas. ni villanya..

villa cirata

Gimana sob menurut kalian tentang Waduk Cirata, baguskan?? bolehlah kalo misalkan kalian lagi libur terus maen kesini pasti kagak bakalan nyesel.. apalagi kalo ada guenya (ichhh nyeseeel pisaann :-x ).

37. 545784_383912384963462_445558673_n

Berhubung hari ini gue ada pemotretan n syuting sampai pagi jadi cukup sekian dulu sob menjelajahi artikel gue nya, mudah2an bermanfaat buat kalian semua dan tunggu artikel U2LINAN Selanjutnya ya. salam Traveling ;-) .

Penulis: ezy01

Foto Profil dari ezy01
Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk yang lainnya ^_^

One comment

  1. Om… kontak person untuk booking villanya dong… thx

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...