Travelling / Tips / Teknik Packing Tas Carrier Atau Tas Gunung Yang Benar

Teknik Packing Tas Carrier Atau Tas Gunung Yang Benar

Packing Tas Carrier dengan benar merupakan salah satu persiapan yang wajib dilakukan oleh setiap pendaki sebelum mendaki gunung. Pasalnya jika tidak dilakukan dengan benar, maka nyawa bisa jadi taruhanya. Sebagai contoh jika tas carrier yang dibawa oleh seorang pendaki berat sebelah atau tidak seimbang maka ketika melewati jalur ditepi jurang maka akan beresiko terperosk kedalamnya. Oleh karena itu dalam melakukan packing barang-barang ke dalam tas gunung atau tas carrier perlu dengan teknik. Mungkin teknik ini sudah tidak asing lagi para penggiat olah raga yang satu ini. Namun bagi anda pendaki pemula sebaiknya perhatikan beberapa teknik packing tas carrier atau tas gunung berikut ini:

carier

Cara Packing Tas Carrier Atau Tas Gunung Yang Benar:

1. Gunakan trash bag untuk melapisi barang bawaan
Ketika sedang berada di gunung hujan bisa saja datang sewaktu-waktu. Untuk itu barang-barang yang dibawa harus terlindungi dari air hujan. Tas carrier sebenarnya sebagaian sudah dilengkapi dengan cover bag, akan tetapi jika intensitas hujan terlalu tinggi bisa saja air hujan tembus. Untuk itu lapisilah barang-barang yang dibawa dengan menggunakan trash bag.

2. Gunakanlah Matras Sebagai Frame
Sebagian pendaki ada yang meletakan matras dibagian luar tas. Namun alangkah baiknya meletakan matras tersebut melingkar didalam tas carrier. Selain memudahkan dalam packing, tas carrier akan terlihat lebih rapi.

3. Prioritaskan Barang Bawaan
Barang bawaan yang sifatnya jarang dipakai seperti sleeping bag atau baju ganti letakkanlah pada bagian paling bawah. Sedangkan barang-barang yang sifatnya bisa dipakai sewaktu-waktu seperti jas hujan letakkanlah dipaling atas. Anda bisa bayangkan ketika sedang dalam perjalanan tiba-tiba hujan, maka anda harus membongkar barang bawaan jika jas hujan diletakan pada bagian paling bawah. Akibatnya tentu anda dan barang-barang lainya akan basah kuyup terkena air hujan.

4. Jangan Ada Ruang Kosong
Mengingat banyaknya barang-barang yang harus dibawa dan terbatasnya temapt didalam tas, maka jangan ada kosong didalam tas. Benda-benda yang sifatnya mempunyai ruang isilah dengan benda lain. Sebagai contoh misalnya anda membawa nesting, maka isilah nesting tersebut dengan benda lain seperti mie, roti atau barang lainya.

5. Jangan letakan barang berat di bagian bawah
Barang-barang berat seperti air mineral jangan diletakan di dasar tas minimal letakanlah di tengah-tengah. Jika barang tersebut diletakan pada bagian bawah tas maka tas akan terasa lebih berat. Hal ini tentu membuat anda cepat lelah ketika sedang berada dalam peralanan.

6. Tas Harus Seimbang
Seperti yang telah saya katakan tadi, dalam mempacking usahakan tas harus seimbang. Cara untuk mengetes tas carrier seimbang atau tidak sebenarnya cukup mudah. Tas harus bisa berdiri tanpa di pegang, kemudian berilah sedikit pukulan pada bagian atas tas, jika ternyata tas roboh lakukanlah packing ulang sampai tas tetap berdiri tegak meskipun diberi pukulan.

Nah itu tadilah cara mempacking barang-barang kedalam tas carrier ketika akan mendaki gunung. Dengan melakukan packing secara benar, maka tentu akan memudahkan anda dalam perjalanan. Selain itu juga mengurangi resiko untuk kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

2 comments

  1. Hi,

    Cara packing memang harus benar, jika salah-salah akan fatal akibatnya. Tips dan informasi ini sangat membantu dan mengedukasi sekali.

    Terimakasih

  2. bagaimana cara memilih tas yang bagus dan awet ?
    apakah harus harganya yang mahal ?
    tas ransel gunung

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...