Travelling / Wisata / Pantai Harlem Surga Wisata Bahari Jayapura Mengundang Decak Kagum Wisatawan

Pantai Harlem Surga Wisata Bahari Jayapura Mengundang Decak Kagum Wisatawan

Indonesia memiliki banyak wisata bahari yang terkenal oleh para wisatawan lokal mapun luar bahkan mengundang decak kagum. Seperti yang diketahui saat ini yang sedang ramai diperbincangkan publik internasional yaitu pesona Raja Ampat dan Teluk Cenderawasih terus menjadi pilihan para wisatawan. Namun ternyata di Tanah Papua ada lagi kekayaan wisata bahari yang decak kagum sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Harlem. Pantai ini juga dikenal sebagai surga wisata bahari di Jayapura.

Gambar Pantai Harlem Jayapura

Objek wisata Pantai Harlem ini terletak di Kampung Tablanusu, Daerah Depapre di Kabupaten Jayapura, Papua yang mana untuk menempuhnya dari Pusat Kota Jayapura akan memakan waktu jarak tempur sekitar dua jam lebih kurang 60 kilometer. Waktu tempuh untuk ke pantai memang sedikit lama dikarenakan kondisi jalan dari Sentani hingga Depapre masih banyak yang berlubang serta sempit. Namun lama waktunya ini akan terbayar ketika bisa melihat keindahan alam sejumlah daerah yang dilewati serta warga yang ramah dan banyaknya jajanan buah segar dari para warga sekitar.

Setelah tiba di dermaga Depapre akan dilanjuti perjalanan melalui laut dengan menyewa kapal cepat karena disana belum ada kendaraan yang bisa menempuh jalur perbukitan. Saat melintasi Laut Depapre sekitar 15 menit anda akan mulai bisa melihat keindahan Pantai Harlem yang airnya sangat jernih dan akan dekat dengan bibir pantai anda bisa melihat dengan jelas aneka biodata laut serta ikan kecil dengan tidak terlalu banyak terumbu karang. Karena hal inilah pantai ini dikenal sebagai tempat yang bagus untuk menyelam bagi wisatawan.

Suasana Pantai Harlem Sangat Sejuk Untuk Liburan

Berlibur ke surga wisata bahari pantai harlem yang memiliki garis pantai sekitar 700 meter sangat menyenangkan karena suasana pantai yang teduh dan adanya hembusan angin yang sejuk. Dan tidak lupa juga pantai bisa terlihat banyak pohon kelapa, bintanggur, dan pohon sagu yang tumbuh subur dipinggir pantai. Warga daerah setempat juga telah menyediakan berbagai fasilitas seperti 5 pondok dengan empat kamar mandi ganti pakaian dengan tarif Rp 150 ribu untuk satu pondok serta adanya dua ayunan tali yang diikat ke pohon disekitar pondok. Namun disini belum ada tempat menginap dan restoran ataupun penjual makanan karena itu para pengunjung diharuskan membawa bekal sendiri.

Kebersihan Pantai Harlem terus terjaga karna warga setempat ikut memastikan kebersihannya. Selain masih sepi dan bersih pantai ini juga memiliki kolam air tawar yang sangat jernih serta adanya beberapa jenis ikan. Warga setempat mengungkap jika kolam ini terbentuk secara alami sejak ratusan tahun yang lalu. Kolamnya bisa digunakan oleh para pengunjung untuk membasuh tubuh dari air laut.

Saat ini Pantai Harlem yang merupakan Surga Wisata Bahari Jayapura sudah mulai ramai dan terus menjadi pilihan para wisatawan lokal maupun luar untuk menikmati akhir pekan karena itu warga desa sepakat untuk membersihkan sampah dan menjaga citra Pantai agar bisa meninggalkan kesan yang positif bagi para pengunjung tutur salah satu warga.

Penulis: Alniswar

Foto Profil dari Alniswar
Saat sedang kerja di bagian stok manajemen untuk program industri baju distro dan jaket hoodiedance.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...