Travelling / Wisata / Air Terjun Curug Cikondang Cianjur Niagara Mini Asal Indonesia

Air Terjun Curug Cikondang Cianjur Niagara Mini Asal Indonesia

Semua orang pasti mengenal Air Terjun Niagara yang berada di Amerika Serikat dan sangat terkenal oleh para wisatawan. Tapi taukah anda jika Indonesia juga mempunyai Air Terjun yang terlihat mirip Niagara namun berukuran kecil. Ya air terjun terdapat didaerah Cianjur Jawa Barat dinamai dengan Air Terjun Curug Cikondang yang mana sekarang lebih dikenal sebagai Niagara Mininya Indonesia. Pesona keindahan yang ada disana jangan ditanyakan karena memiliki keindahan yang memukau air terjun ini makin terkenal di antara para wisatawan yang sedang mengunjungi daerah cianjur.

Gambar Air Terjun Curug Cikondang

Gambar Air Terjun Curug Cikondang

Untuk diketahui kata Cikondang bukan berarti kondang atau terkenal. Namun kata Ci berasal dari kata Cai yang diartikan air dan untuk kata Kondang merupakan nama sejenis pohon loa atau dalam bahasa latinnya Ficus subracemosa Blume dimana pohonnya bisa tumbuh settinggi 40 meter dan berdiameter 1,75 meter. Pohon ini pertama kali ditemukan di hutan-hutan Asia Tenggara dan biasanya banyak ditemukan di pulau Jawa.

Jalur Perjalanan Air Terjun Curug Cikondang Dari Pusat Kota Cianjur

Air Terjun Curug Cikondang ini berjarak lebih kurang 37 kilometer ke arah tenggara dari Pusat Kota Cianjur dan untuk menuju ke air terjun tersebut anda bisa menggunakan dua jalur dari pusat kota, salah satu jalur melewati jalan raya Cianjur-Sukabumi belok kekiri ke arah Jalan Cilaku hingga lanjut ke Cibeber atau melewati Jalur Kedua melewati Warung Kondang dan Lampegan. Jika melakukan perjalan pada akhir pekan anda bisa memakir kendaraan pada halaman rumah milik warga sekitar yang sengaja dijadikan arena parkir. Dan untuk perjalan selanjutnya anda diharuskan melewati jalan setapak di pinggiran perkebunan teh milik PTPN VIII Panyairan hingga sampai ke gerbang loket masuk Curug Cikondang.

Untuk memasuki Air Terjun Curug Cikondang setiap para wisatawan akan dikenai biaya masuk sekitar Rp 5.000. Ini dikarenakan retribusi masih dikelola secara mandiri oleh pihak Desa Sukadana atau serikat pekerja perkebunan teh. Dari gerbang tiket Air Terjunnya belum terlihat namun setelah sampai sebuah tikungan barulah anda akan menampak sebuah sungai yang merupakan puncak air terjun curug cikondang. Disini anda akan melihat sebuah pemandangan yang menakjubkan dimana terlihat air mengali deras dari mulut curug melebar sekitar 30 meter sehingga terkesan berukuran besar. Dengan ketinggian sekitar 50 meter maka tidak heran jika Air terjun mendapatkan julukan sebagai Niagara Mini Indonesia.

Jika anda ingin berenang atau berendam di Air Terjun Curug Cikondang ini harus berhati-hati karena di bagian atasnya masih ada pengolahan atau penambangan emas yang masih secara tradisional. Ini dikarenakan para penambangnya ketika waktu mengolah emas masih melewati amalgamasi yang mana menggunakan air raksa atau merkuri untuk memisahkan emas dari tanah. Kawasan air terjun curug memang memiliki keindahan yang sangat mempesona namun sayangnya tempat wisata ini belum ada fasilitas penunjang seperti kamar mandi umum, toilet maupun mushola yang ada disana cuma warung kecil untuk mengisi perut yang lapar.

Penulis: Alniswar

Foto Profil dari Alniswar
Saat sedang kerja di bagian stok manajemen untuk program industri baju distro dan jaket hoodiedance.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...