Travelling / Ceritaku / Wisata Sejarah sekaligus Berziarah

Wisata Sejarah sekaligus Berziarah

Berwisata sekaligus berziarah? Di mana itu? Yup! Tentunya Anda sudah mengenali sosok yang menjadi pengobar semangat rakyat Indonesia, sosok yang mempunyai kharisma dan wibawa di mata masyarakat Indonesia ini juga dikenal sebagai orator ulung diantara beberapa pemimpin di dunia. Pidatonya bisa menggebrak semangat semua kalangan, baik kalangan atas, sampai bawah sekalipun. Dan konon katanya dulu jika beliau sedang berpidato, semua masyarakat yang sedang melakukan aktivitas akan menghentikan sebentar aktivitasnya untuk mendengarkan dengan saksama pidato tersebut hingga selesai. Nah, sudah tahu tokoh siapakah itu?

Yup, Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno. Komplek Makam Bung Karno ini merupakan salah satu ikon wisata kebanggan Kota Blitar yang terletak di jalan kalasan no. 1 Sentul. Ada beberapa bagian di dalam kompleks makam yang bisa dikunjungi, selain kita bisa berziarah juga ada beberapa tempat yang bisa untuk menambah pengetahuan tentang perjuangan dan pengenalan akan nilai-nilai sejarah bagi masyarakat.

Kompleks makam tampak dari selatan

Kompleks makam tampak dari selatan

Anda pernah membaca atau mungkin mendengar tentang istilah JAS MERAH, ya istilah ini diperkenalkan oleh Bung Karno untuk mengingatkan rakyatnya yang masih hidup agar jangan sekali-kali melupakan sejarah, ya seperti itulah singkatan dari JAS MERAH. Bukankah bangsa yang besar itu bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya?

Area komplek makam proklamator Bung Karno ini tidak hanya area pemakaman saja. Ada beberapa bagian tempat yang bisa dikunjungi untuk para pengunjung, diantaranya;

• Museum Bung Karno

Di museum ini pengunjung yang datang akan ditunjukkan dan diperkenalkan koleksi poto-poto Bung Karno dari semenjak kecil, berjuang untuk meraih kemerdekaan hingga detik-detik wafatnya beliau. Juga ada beberapa benda yang digunakan Bung Karno ketika masih hidup.

Patung Bung karno yang sedang duduk di atas kursi, sedang dipangkuannya ada sebuah buku, ini seperti filosofi bahwa buku adalah teman yang paling setia, sebagaimana Bung Karno yang sangat menyukai membaca. Dan sekat patung itulah, ada bangunan yang bertingkat dua dan digunakan sebagai perpustakaan.

• Perpustakaan Bung Karno (untuk umum)

Di lantai satu Anda akan disuguhkan dengan buletin, tabloid, surat kabar atau majalah yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan di lantai satu juga terdapat lobby yang berguna jika Anda ingin mencari informasi mengenai perpustakaan, sedang di samping ruangan tabloid yang langsung menuju lantai dua ini juga terdapat ruang khusus koleksi buku Bung Karno, di dalamnya ada beberapa buku yang sudah tidak terdapat di pasaran dan tidak diperjual belikan, jadi jika Anda kesini Anda wajib mengintip apa-apa saja koleksi buku langka yang pernah dibaca atau bisa juga membaca tentang sosok bung karno lebih dekat.

Di dalam perpustakaan bung karno lantai satu

Di dalam perpustakaan bung karno lantai satu

Ruangan yang sejuk dan nyaman untuk membaca buku, membuat para pengunjung enggan untuk pulang. Dan di lantai dua inilah koleksi umum yang terdiri dari buku sastra, teknologi, psikologi, eknonomi, bisnis, kesehatan, biografi, agama dan beberapa lainnya tersedia. Dan Anda tinggal membaca di ruangan yang telah disediakan dengan nyaman.

• Amphiteater

Di sebelah barat gedung museum terdapat amphiteater yang biasanya digunakan untuk pentas seni atau pertunjukkan kesenian dari beberapa daerah, agak ke utara terdapat sebuah gong perdamaian dunia yang berukuran sangat besar.

• Perpustakaan Bung Karno (untuk anak-anak)

Di utara area gedung museum tadi juga terdapat perpustakaan bagi anak-anak, jadi di perpustakaan ini terdapat buku-buku, majalah ataupun ensklopedia yang memang dkhususkan untuk anak-anak.

Menuju ke utara setelah naik tangga, anda akan memasuki gerbang menuju makam, dan di dalamnya selain ada makam Bung karno juga terdapat sebuah bangunan yang didalamnya ada miniatur kota blitar, miniatur komplek area makam Proklamator Bung karno, juga ada mushola untuk wisatawan yang melaksanakan sembahyang. Setelah itu Anda akan keluar dari area pemakaman namun Anda juga akan memasuki area pasar yang menjual pernak-pernik tentang bung karno serta oleh-oleh khas Blitar.

Nah, gimana? Tertarikah untuk berwisata plus berziarah di makam sang proklamator ini? Selamat berkunjung :-D (ans)

Foto Profil dari anisa alfi nur fadila

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Di Depan Omah Djadoel

Bernostalgia di Wisata Omah Djadoel, Blitar

Kamu pernah mampir di Kota Blitar? Kota kecil yang dikenal dengan adanya ...